Laman

Jumat, 05 Agustus 2011

Hal-Hal Penting tentang Sahur















Nasehat Muslim

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam sahur, berikut kami nukil dari syaikh Dr. shalih bin fauzan :

Dalam shahihain (bukhari dan muslim) dari anas radhiallahu'anhu berkata, telah bersabda Rasulullah shallahu'alaihi wassalam, " sahurlah kalian, sesungguhnya didalam sahur ada barakah"

Dan banyak atsar yang lain tentang motivasi menjalankan sahur ini.

Kemudian (dalam hal sahur ini) sekiranya manusia dalam keadaan junub atau suci dari haidh sebelum fajar, maka dia boleh memulai sahur kemudian puasa dan mengakhirkan mandi wajib setelah terbit fajar.

(Selayaknya sahur diakhirkan), sebagian manusia terlalu awal melakukan sahur pada malam hari kemudian tidur sebelum fajar maka dia bisa melakukan hal yang salah, antara lain
1. puasa sebelum waktunya,
2. meninggalkan shalat subuh berjama'ah, dan ini bermaksiat pada Allah karena meninggalkan apa yang Allah wajibkan dari shalat jama'ah
3. Bisa jadi mengakhrkan melaksanakan shalat subuh dari waktunya, atau bahkan shalat subuh setelah terbit matahari, maka ini dosa yang besar, Allah ta'ala berfirman, artinya "kecelakaanlah orang yang shalat, orang yang lalai dari shalatnya" (al-maa'uun : 4-5)

Wajib niat puasa dilakukan pada malam hari, dan sekiranya sudah berniat dan baru bangun tidur setelah terbit fajar maka dia berpuasa dan sah puasanya insyaAllah.

(Sumber rujukan :
Syaikh Dr shalih bin Fauzan bin Abdullah Alfauzan, al mulakhos al fiqh, kitabusshiyam, hal 284-285, cetakan darul aqidah)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar