Nasehat Muslim
Pertanyaan
هناك أناس يصلون بعد سنة المغرب ست ركعات اثنتان اثنتان, يسلمون بعد كل اثنتين, ويقولون بأنها صلاة الأوابين، فما حكمها؟
Ada sebagian orang yang melaksanakan sholat setelah maghrib enam rakaat dengan salam tiap dua rakaat, dan mereka berkata ini sholat orang yang kembali (al-awwaabiyn), apa hukum hal ini?
هذا ليس له أصل، صلاة الأوابين صلاة الضحى
Hal ini tidak ada asalnya dalam syariat Islam, dan yang dimaksud sholat al-awwaabyn (sholat orang yang kembali kepada Allah) yaitu sholat dhuha
، إذا اشتد الضحى، هذه صلاة الأوابين
كما جاء في الحديث الصحيح، أما بين المغرب والعشاء فالإنسان يستحب له أن
يصلي ما تيسر، لكن الست التي يظنها الناس ليس لها أصل،.
Sholat dhuha merupakan sholat orang yang kembali pada Allah sebagaimana hadist yang shahih, adapun antara maghrib dan isya maka disunnahkan melaksanakan sholat sunnah sesuai dengan kemampuan, adapun mengkhususkan harus enam rakaat antara maghrib dan isya maka hal ini tidak ada dasarnya dalam alqur'an dan assunnah
الراتبة ثنتان السنة أن يصلي بعد المغرب ثنتين، والأفضل في البيت، هذه يقال لها: راتبة، كان النبي يحافظ عليها -عليه الصلاة والسلام-، وهكذا بعد العشاء، ركعتان، يصلي ركعتين بعد العشاء،
الراتبة ثنتان السنة أن يصلي بعد المغرب ثنتين، والأفضل في البيت، هذه يقال لها: راتبة، كان النبي يحافظ عليها -عليه الصلاة والسلام-، وهكذا بعد العشاء، ركعتان، يصلي ركعتين بعد العشاء،
Sholat rawatib setelah maghrib dua rakaat, dan yang lebih utam dilakukan dirumah, Nabi Muhammad shallallahu'alaihi wassalam menjaga sholat rawatib ini, demikian pula setelah isya dua rakaat, melaksanakan dua rakaat setelah isya
أما كونه يصلي ستاً بعد المغرب أو أكثر فلا بأس أن يصلي ست أو عشر أو عشرين أو مائة لا حرج، يسلم من كل ثنتين، لأن الرسول -عليه الصلاة والسلام- يقول: صلاة الليل مثنى مثنى، فمن تطوع بين المغرب والعشاء وصلى ستاً أو ثماناً أو عشراً أو أكثر لا بأس، لكن اعتقاد أن هناك ست خاصة ليس عليه دليل صحيح
Adapun melaksanakan sholat setelah maghrib sebagai bentuk sholat malam dengan tidak mengkhususkan rakaat tertentu maka tidak masalah, dua rakaat, atau empat rakaat, ataupun lebih maka hal ini boleh, hal ini sebagai bentuk sholat malam dengan dua rakaat salam dua rakaat salam sebagaimana hadist, adapun yang terlarang mewajibkan harus enam rakaat dalam shalat antara maghrib dan isya maka ini bid'ah
Lihat Fatawa Syaikh Bin Baz
Komite Tetap Kajian Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi:
Nasehat Muslim
www.nasehat-muslim.blogpsot.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar