Laman

Minggu, 08 Desember 2013

Cara Melakukan Ijtihad yang Benar

 














 Nasehat Muslim 

Pertanyaan  

بعض طلاب العلم يوصله اجتهاده إلى مخالفة أمر معلوم من الدين بالضرورة، فهل ما علم من الدين بالضرورة محل اجتهاد؟ نريد توجيه سماحتكم والعناية بهذا الأمر .

 Sebagian penuntut ilmu agama melakukan ijtihad hingga menyelisihi perkara yang sudah diketahui hukumnya, apakah ilmu agama yang sudah diketahui hukumnya merupakan tempat berijtihad? kami menginginkan penjelasan dalam hal ini

Jawab

كل ما علم من الدين بالأدلة الشرعية الصريحة من الكتاب والسنة أو إجماع سلف الأمة فليس للاجتهاد فيه مجال، بل الواجب الإيمان به والعمل به ونبذ ما خالفه بإجماع المسلمين، ليس في هذا الأصل العظيم خلاف بين أهل العلم، 
 
Tiap ilmu agama yang telah ada dalil syariatnya secara jelas dari alqur'an dan assunnah atau ijma' salaful ummah maka tidak ada tempat ijtihad dalam hal ini, akan tetapi wajib beriman dan beramal dengan dalil yang sudah ada serta menjauhi penyimpangan terhadap alqur'an dan assunnah serta ijma, dan tidak ada perbedaan pendapat dari para ulama dalam kaidah yang besar ini       
 
وإنما الاجتهاد يكون في مسائل الخلاف التي لم تتضح أدلتها من الكتاب والسنة، فمن أصاب فله أجران ومن أخطأ فله أجر واحد إذا كان من أهل العلم المتأهلين للاجتهاد وبذل وسعه في طلب الحق عن صدق وإخلاص لله سبحانه وتعالى. ففي الصحيحين عن عمرو بن العاص رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال: ((إذا حكم الحاكم فاجتهد فأصاب فله أجران وإذا حكم فاجتهد فأخطأ فله أجر)).
 
 Dan adapun ijtihad diperbolehkan hanya pada masalah yang ada perbedaan pendapat dikalangan ulama serta hal ini tidak ada penjelasan yang jelas dari dalil dalam alqur'an dan assunnah, dan barangsiapa yang berijtihad dalam perkara ini kemudian benar maka akan mendapatkan dua pahala, dan barangsiapa yang salah dalam ijtihad maka akan mendapat satu pahala, dan ijtihad ini hanya dilakukan orang yang berilmu agama  secara mendalam serta telah mengerahkan sekuat tenaga dalam melakukan ijtihad dan hal itu dilakukan ikhlas karena Allah semata, dan dalil dalam hal ini ada dalam shahihain dari hadist riwayat amru bin ash dari Nabi Muhammad shallallahu'alaihi wassalam yaitu, apabila hakim menghukumi dan dia melakukan ijtihad kemudian benar maka mendapat dua pahala dan jika salah maka mendapat satu pahala
 
 
Lihat, Fatwa Syaikh Bin Baz : http://binbaz.org.sa/mat/164







 
Nasehat Muslim 
www.nasehat-muslim.blogpsot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar