Laman

Minggu, 13 Oktober 2013

Jangan Memotong Rambut & Kuku bagi yang Niat Berkurban














Nasehat Muslim

Pertanyaan


السؤال الثالث من الفتوى رقم ( 1407 )


س3: الحديث من أراد أن يضحي أو يضحى عنه فمن أول شهر ذي الحجة فلا يأخذ من شعره ولا بشرته ولا أظفاره شيئًا حتى يضحي، فهل هذا النهي يعم أهل البيت كلهم، كبيرهم وصغيرهم أو الكبير دون الصغير؟

Ada hadist berbunyi barangsiapa berniat untuk berkurban maka dari awal dzulhijah jangan memotong rambut, kulit dan kuku hingga berkurban, apakah ini larangan secara umum untuk anggota keluarga seluruhnya yang dewasa kecuali anak?



Jawab

لا نعلم أن لفظ الحديث كما ذكره السائل، واللفظ الذي نعلم أنه ثابت عن النبي صلى الله عليه وسلم هو ما رواه الجماعة إلا البخاري، عن أم سلمة رضي الله عنها، أن رسول الله صلى الله عليه وسلم قال:  إذا رأيتم هلال ذي الحجة وأراد أحدكم أن يضحي فليمسك عن شعره وأظفاره  ، ولفظ أبي داود وهو لمسلم والنسائي أيضًا:  من كان له ذبح يذبحه فإذا أهل هلال ذي الحجة فلا يأخذ من شعره وأظفاره حتى يضحي ، فهذا الحديث دال على المنع من أخذ الشعر والأظفار بعد دخول عشر ذي الحجة لمن أراد أن يضحي،

(الجزء رقم : 11، الصفحة رقم: 427)

Dan kami tidak mengetahui lafadz hadist sebagaimana disebut dalam pertanyaan, adapun yang kami ketahui lafadz yang berasal dari Nabi Muhammad shallallahu'alaihi wassalam yang diriwayatkan oleh jama'ah kecuali albukhari dari ummu salamah radiallahu'anha bahwa Nabi Muhammad shallallahu'alaihi wassalam bersabda jika kalian melihat bulan (tanda masuk bulan baru) dzulhijah dan salah seorang dari kalian berniat untuk berqurban maka jangan memotong rambut dan kukunya, dan lafadz dari abu daud yang diriwayatkan Muslim dan annasai berbunyi barangsiapa akan melaksanakan qurban dan hilal terlihat maka jangan memotong rambut dan kuku hingga berqurban, maka hadist ini dalil terlarangnya memotong kuku dan rambut setelah masuk sepuluh hari awal bulan dzulhijah bagi yang berniat berqurban


فالرواية الأولى فيها الأمر والترك، وأصله أنه يقتضي الوجوب، ولا نعلم له صارفًا عن هذا الأصل، والرواية الثانية فيها النهي عن الأخذ، وأصله أنه يقتضي التحريم، أي: تحريم الأخذ، ولا نعلم صارفًا يصرفه عن ذلك، فتبين بهذا: أن هذا الحديث خاص بمن أراد أن يضحي فقط، أما المضحى عنه فسواء كان كبيرًا أو صغيرًا فلا مانع من أن يأخذ من شعره أو بشرته أو أظفاره بناء على الأصل وهو الجواز، ولا نعلم دليلاً يدل على خلاف الأصل.

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.

dan adapun riwayat yang pertama adalah perintah dan larangan dan hal ini menunjukkan kewajiban dan kami tidak mengetahui ada yang memalingkan dari hal ini, dan riwayat yang kedua maka menunjukkan terlarang memotong dan hal ini menunjukkan keharaman memotong kuku dan rambut, dan kami tidak mengetahui ada yang memalingkan dari hukum ini, dan penjelasan dari hadist ini bahwa yang tidak boleh memotong kuku dan rambut khusus bagi yang akan berqurban, adapun anggota keluarga yang lain tidak terlarang dari hal ini baik anak-anak maupun orang dewasa berdalil dari asal hukumnya, dan kami tidak mengetahui adanya dalil yang menyelesihi hal ini.

اللجنة الدائمة للبحوث العلمية والإفتاء

Lihat Fatwa Lajnah Daimah Lil ifta walbukhuts: http://www.alifta.com/Fatawa/FatawaChapters.aspx?languagename=ar&View=Page&PageID=121&PageNo=1&BookID=12






Nasehat Muslim
www.nasehat-muslim.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar