Laman

Sabtu, 16 April 2011

Nikmat Makanan saat Lapar dan Rasa Aman dari Takut














Nasehat Muslim

Allah ta'ala berfirman, artinya
"Karena kebiasaan orang-orang Quraisy, (yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas, Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah ini (Ka'bah). Yang telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan"
(QS. Quraisy : 1-6)

Petunjuk yang didapatkan dari surat quraisy yang mulia ini tentang keagungan pengaturan Allah subhanahu wata'ala terhadap segala yang ada dilangit dan dibumi dengan hikmah-Nya, kasih sayang-Nya, dan Dialah Allah yang Maha Bijaksana yang Maha Pemurah.

Dalam surat yang mulia ini juga terdapat penjelasan tentang kaum quraisy yang Allah telah beri berbagai kenikmatan yang menuntut mereka untuk bisa bersyukur dengan kenikmatan makanan saat mereka lapar dan rasa aman sehingga tidak diliputi rasa takut.

Wajib bagi manusia untuk beribadah hanya pada Allah subhanahu wata'ala dan meninggalkan peribadatan pada selain-Nya.

Dan wajib bersyukur atas nikmat Allah ta'ala dengan cara memuji Allah ta'ala, mengucap alhamdulillah, beribadah pada-Nya, dan mencari keridhaan-Nya atas berbagai nikmat, nikmat makan tatkala lapar dan rasa aman dari rasa ketakutan, yang hal ini dibutuhkan dalam kehidupan yang baik.

(Lihat, aysarut tafasir, syaikh abu bakr jabir aljazairi, surat quraisy)

nasehat muslim
www.nasehat-muslim.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar