Laman

Selasa, 31 Desember 2013

Sesat Tarekat Sufi Naqsabandiyah, Tijaniyah, Qadiriyah, Syadziliyah, Khalwatiyah

 














Nasehat Muslim

Pertanyaan 

سؤالي عن بعض الطرق الصوفية التي تنتشر في بلادنا، ويقول العلماء: يجب على كل مسلم أن يسلك طريقة صوفية معينة وإلا فهو على ضلالة من أمره، ويقولون: (من ذاق عرف، ومن لم يذق انحرف)، أي: ما ذاق الإيمان عن طريق الصوفية، وكما يوجد رجل يُقال له خليفة رسول الله صلى ا

Sebagian tarekat sufiyah telah tersebar di negara kami, dan mereka berkata wajib tiap muslim mengikuti jalan sufiyah secara khusus karena jika tidak maka sesat, mereka berkata barangsiapa yang mengikuti sufi maka akan paham dan jika tidak maka akan menyimpang, bagaimana sebenarnya thariqah sufiyah ini, karena ada yang berkata mereka itu khalifah Rasulullah?

Jawab

الواجب على كل مسلم أن يسلك طريق نبينا محمد عليه الصلاة والسلام الذي درج عليه أصحابه -رضي الله عنهم- ثم سلف الأمة من التابعين وأتباعهم من الأئمة الأربعة وغيرهم، هذا هو الواجب. أما الطرق التي أحدثها الناس ويسمونها الطرق الصوفية هذه لا يجب سلوكها ولا يجوز سلوكها ولا يلزم أحداً سلوكها، لا نقشبندية ولا قادرية ولا تيجانية ولا خلوتية ولا شاذلية ولا غير ذلك، جميع الطرق لا يجب سلوك شيء منها لأنها محدثة، قد سار الصحابة قبلها على ما عليه رسول الله -صلى الله عليه وسلم- قبل أن تحدث هذه الطرق، وهكذا من بعدهم من أئمة السلف، أفكانوا خاسرين لأنهم ما سلكوها؟!! كانوا ناجحين وكانوا سعداء وكانوا هم على الحق والطريق القويم وعلى صراط الله المستقيم،
 
 Wajib atas tiap muslim mengikuti tarekat (jalan) Nabi kita Muhammad shallallahu'alaihi wassalam yang kemudian diikuti oleh para shahabat radhiallahu 'anhum kemudian para salaful ummah, inilah yang wajib, adapun tarekat yang tidak pernah diajarkan alqur'an assunnah yang manusia menyebut mereka tarekat sufi maka jalan ini tidak boleh salah seorang pun dari manusia mengikutinya, tarekat dalam sufi sesat antara lain naqsabandiyah, qodiriyah, tijaniyah, khalwatiyah dan tarekat lain semacam itu terlarang diikuti karena tidak pernah diajarkan Nabi Muhammad shallalllahu'alaihi wassalam dan para sahabat radhiallahu 'anhum

Lihat Fatawa Syaikh Bin Baz dulu Ketua Komite Tetap Kajian Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi: http://binbaz.org.sa/mat/10256










 

Nasehat Muslim
www.nasehat-muslim.blogpsot.com

6 komentar:

  1. baru saja ada orang yang menunjukan pada saya kalau beliau lulusan Pondok di Tasik yang berpaham Naqsabandiyah.
    Setelah saya baca sekilas, ada yang kurang berkenan di mata maupun dihati.
    Banyak paham yang sudah terlewat batas, karena mereka membuat suatu ibadah atau amalan dzikir dengan ilustrasi tertentu.

    yang lebih anehnya lagi, kenapa harus ada foto para syaikh terdahulu. Jadi mirip syiah saja. (lihat keyakinan Syiah dengan 12 Imam)

    Wallahu a'lam bishawab

    BalasHapus
  2. inilah kalo ilmunya ilmu copas... ga th yg dicopasi tu siapa... kalo pengen tau mslh tarekat ya masuk aja... jangan cm melihat dr sisi negatifnya aja...

    BalasHapus
  3. TAREKAT apapun namanya pelajarilah untuk diri bukan untuk dikomentari, siapapun yang mengkafirkan orang lain maka dia belum melihat kedalam dirinya sendiri!

    BalasHapus
  4. Ane masih belajar, masih banyak sunah yg belum ane ketahui apalagi dijalankan, semoga Alloh memberi petunjuk yg baik untuk kita, apalgi kita hanya manusia, yg pada akhirnya akan mati juga.

    BalasHapus
  5. Ane masih belajar, masih banyak sunah yg belum ane ketahui apalagi dijalankan, semoga Alloh memberi petunjuk yg baik untuk kita, apalgi kita hanya manusia, yg pada akhirnya akan mati juga.

    BalasHapus