Laman

Kamis, 21 April 2011

Tentang Kehidupan Alam Barzakh














Nasehat Muslim

Pertanyaan :
Ibrahim dari kota riyadh, saudi arabia berkata : bagaimana keyakinan Islam tentang kehidupan di alam barzakh?

Jawaban :

Keyakinan Islam (ahlussunnah waljama'ah) tentang kehidupan alam barzakh (alam kubur) semua sudah diterangkan secara jelas didalam al-qur'an dan assunnah, bahwa manusia ada yang mendapatkan nikmat d ialam barzakh, namun adapula yang mendapatkan adzab dialam kubur tersebut.

Sebagaimana Allah ta'ala berfirman, artinya
"Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang , dan pada hari terjadinya Kiamat. (Dikatakan kepada malaikat): "Masukkanlah Fir'aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras"
(QS. Al Mu’min: 45-46)

Allah Ta’ala berfirman, Alangkah dahsyatnya sekiranya kamu melihat di waktu orang-orang yang zalim berada dalam tekanan sakratul maut, sedang para malaikat memukul dengan tangannya, (sambil berkata): "Keluarkanlah nyawamu" Di hari ini kamu dibalas dengan siksa yang sangat menghinakan, karena kamu selalu mengatakan terhadap Allah (perkataan) yang tidak benar dan (karena) kamu selalu menyombongkan diri terhadap ayat-ayatNya.” (QS. Al An’am: 93)

Allah ta'ala berfirman, artinya
Kamu (mengganti) rizki (yang Allah berikan) dengan mendustakan (Allah). Maka mengapa ketika nyawa sampai di kerongkongan, padahal kamu ketika itu melihat, dan Kami lebih dekat kepadanya daripada kamu. Tapi kamu tidak melihat, maka mengapa jika kamu tidak dikuasai (oleh Allah). Kamu tidak mengembalikan nyawa itu (kepada tempatnya) jika kamu adalah orang-orang yang benar, adapun jika dia (orang yang mati) termasuk orang yang didekatkan (kepada Allah), maka dia memperoleh rizki serta surga kenikmatan. Dan adapun jika dia termasuk golongan kanan, maka keselamatan bagimu karena kamu dari golongan kanan. Dan adapun jika termasuk golongan orang yang mendustakan lagi sesat, maka dia mendapatkan hidangan air yang mendidih, dan dibakar di dalam neraka. Sesungguhnya (yang disebutkan ini) adalah suatu keyakinan yang benar. Maka bertasbihlah dengan (menyebut) nama Rabbmu Yang Maha Besar.”
(QS. Al-Waaqi’ah: 82-96)

Inilah alam yang didalamnya ada nikmat dan adzab, dialam ini tidak seperti kehidupan dunia, karena dalam alam ini tidak membutuhkan makanan minuman, tidak juga butuh udara, juga tidak butuh pelindung dari dingin atau panas, kehidupan yang kita tidak mengetahui keadaannya karena itu kehidupan ghaib, yang tidak ada yang mengetahui kecuali hanya Allah ta'ala, maka dalam bacaan shalat kita berdoa kepada Allah ta'ala : aku berlindung dari adzab jahnnam, dari adzab kubur, dari fitnah kehidupan dan kematian, dan dari fitnah masih addajjal.

(Dijawab oleh Syaikh Muhammd bin shalih al-utsaimin ulama besar arab saudi)


Nasehat Muslim
www.nasehat-muslim.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar