Laman

Rabu, 27 November 2013

Wajib Lelaki Sholat Di Masjid Kecuali Ada Udzur Syar'i





















Nasehat Muslim

Pertanyaan

((لا صلاة لجار المسجد إلا في المسجد)) هل هو حديث صحيح أم قول مأثور، وهو قول فيه تشدد فالدين يسر وليس بعسر، فما قول سماحتكم؟

Tidak ada sholat bagi orang yang tinggal dekat dengan Masjid kecuali di Masjid, apa ini hadist shahih?


Jawab

((لا صلاة لجار المسجد إلا في المسجد)) هذا اللفظ رواه الإمام أحمد والدار قطني والحاكم والطبراني والديلمي كلهم بأسانيد ضعيفة، عن النبي صلى الله عليه وسلم، قال الحافظ ابن حجر رحمه الله: (ليس له إسناد ثابت وإن 
اشتهر بين الناس)

 ,Hadist dengan lafadz ini riwayat Imam Ahmad, hakim, atthabrani
addailamy yang seluruhnya dengan sanad yang dhaif/lemah

فهو حديث ضعيف عند أهل العلم، وعلى فرض صحته فمعناه محمول على أنه لا صلاة كاملة لجار المسجد إلا في المسجد؛ لأن الأحاديث الصحيحة قد دلت على صحة صلاة المنفرد، لكن مع الإثم إن لم يكن له عذر شرعي؛ لأن الصلاة في المسجد مع جماعة المسلمين واجبة؛ لأحاديث أخرى غير الحديث المسؤول عنه، مثل قوله صلى الله عليه وسلم: ((من سمع النداء فلم يأته فلا صلاة له إلا من عذر))[] خرجه ابن ماجه والدار قطني وابن حبان والحاكم وإسناده على شرط مسلم، ولقوله صلى الله عليه وسلم للأعمى الذي استأذنه أن يصلي في بيته واعتذر بأنه ليس له قائد يقوده إلى المسجد: ((هل تسمع النداء بالصلاة)) قال: نعم. قال: ((فأجب))[] خرجه مسلم في صحيحه.

Hadist tidak ada sholat bagi orang yang tinggal dekat masjid kecuali di masjid merupakan hadist dhaif, dan jika hadist tersebut shahih maka maknanya tidak tidak ada sholat yang sempurna bagi orang yang tinggal dekat masjid kecuali di Masjid, karena hadist-hadis shahih menunjukkan sahnya sholat munfarid (sendiri), akan tetapi hal ini berdosa bagi lelaki sholat tidak dimasjid tanpa ada udzur syar'i, karena sholat di masjid bersama jama'ah kaum muslim adalah wajib, ada hadist lain yang menunjukkan hal ini, misal perkataan Nabi Muhammad shallallahu'alaihi wassalam bersabda, barangsiapa (lelaki) yang mendengar panggilan adzan maka (jika dia tidak sholat jama'ah ke masjid) tidak ada sholat baginya kecuali udzur (HR Ibnu Majah, daruquthni, ibnu hibban, alhakim, dengan sanad atas syarat muslim, juga hadist Nabi Muhammad shallallahu'alaihi wassalam yang memerintahkan shahabat yang buta untuk pergi ke masjid karena dia mendengar adzan.

Fatwa Syaikh Bin Bazhttp://binbaz.org.sa/mat/3479








Nasehat Muslim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar