Laman

Minggu, 03 Juni 2018

Tafsir Al-Baqarah 124: Nabi Ibrahim Lulus dari Ujian Allah Ta'ala

Hasil gambar untuk muslimah.or.id pahala


Nasehat Muslim

وَإِذِ ابْتَلَىٰ إِبْرَاهِيمَ رَبُّهُ بِكَلِمَاتٍ فَأَتَمَّهُنَّ ۖ قَالَ إِنِّي جَاعِلُكَ لِلنَّاسِ إِمَامًا ۖ قَالَ وَمِنْ ذُرِّيَّتِي ۖ قَالَ لَا يَنَالُ عَهْدِي الظَّالِمِينَ

Dan (ingatlah), ketika Ibrahim diuji Tuhannya dengan beberapa kalimat (perintah dan larangan), lalu Ibrahim menunaikannya. Allah berfirman: "Sesungguhnya Aku akan menjadikanmu imam bagi seluruh manusia". Ibrahim berkata: "(Dan saya mohon juga) dari keturunanku". Allah berfirman: "Janji-Ku (ini) tidak mengenai orang yang zalim".
(Surat Al-Baqarah 124)








📗 Tafsir;

واذكر-أيها النبي- حين اختبر الله إبراهيم بما شرع له من تكاليف، فأدَّاها وقام بها خير قيام. قال الله له: إني جاعلك قدوة للناس. قال إبراهيم: ربِّ اجعل بعض نسلي أئمة فضلا منك، فأجابه الله سبحانه أنه لا تحصل للظالمين الإمامةُ في الدين.
Ingatlah -wahai Nabi Muhammad shallallahu alaihi wasallam- ketika Allah menguji Nabi Ibrahim untuk menjalankan apa yang di syariatkan-Nya, dan Nabi Ibrahim menunaikannya dengan baik, Allah berfirman kepada nya; Aku akan menjadikanmu Imam sebagai suri tauladan bagi manusia. Nabi ibrahim berdoa; wahai Rabbi jadikanlah sebagian keturunan ku Imam bagi manusia, maka Allah pun mengabulkan doanya. Dan tidak lah kepemimpinan dalam agama diberikan kepada orang yang dzalim.


الميسر — مجمع الملك فهد
Tafsir Al-Muyassar, Majma' Malik Fahd,
Kementerian Islam, Wakaf, Dakwah dan Bimbingan, Saudi Arabia, https://furqan.co/muyassar/2/124






nasehat-muslim blogpsot co id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar