Laman

Rabu, 27 November 2019

Siapa Mencelakakan Muslim niscaya Allah akan Mencelakakanya dan Siapa Menyusahkan Muslim niscaya Allah akan Membuatnya Susah

Hasil gambar untuk muslim.or.id


Nasehat Muslim

وَعَنْ أَبِي صِرْمَةَ - رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ - قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -: «مَنْ ضَارَّ مُسْلِمًا ضَارَّهُ اللَّهُ، وَمَنْ شَاقَّ مُسْلِمًا شَقَّ اللَّهُ عَلَيْهِ» أَخْرَجَهُ أَبُو دَاوُد وَالتِّرْمِذِيُّ، وَحَسَّنَهُ.
1402. Dan Abu Shirmah Radhiyallahu Anhu ia berkata: Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, "Barangsiapa mencelakakan seorang muslim niscaya Allah akan mencelakakan dirinya. Dan barangsiapa menyusahkan seorang muslim niscaya Allah akan membuatnya susah." (HR. Abu Dawud dan At-Tirmidzi, ia menghasankannya)
[Hasan: Abu Daud 3635]
ـــــــــــــــــــــــــــــ
[سبل السلام]
Penjelasan Kalimat
Dari Abu Shirmah (dengan mengkasrahkan huruf shad dan mensukunkan huruf ra’, ia dikenal dengan kuniyahnya dan para ulama berselisih pendapat dalam menentukan namanya. Ia berasal dari Bani Mazin bin An-Najjar dan ikut dalam perang Badar serta perang-perang berikutnya). Ia berkata: Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, "Barangsiapa mencelakakan seorang muslim niscayaAllah akan mencelakakan dirinya. Dan barangsiapa menyusahkan seorang muslim niscaya Allah akan membuatnya susah." Hadits riwayat Abu Dawud dan At-Tirmidzi, ia menghasankannya.

Tafsir Hadits
Barangsiapa yang merusak harta seorang muslim, atau dirinya dan kehormatannya tanpa alasan syar'i, maka Allah akan mencelakakannya. Yakni akan membalasnya dengan perbuatan yang sama. Al-masyaqqatu artinya Al-munaaza'ah yakni barangsiapa menentang seorang muslim dengan cara yang zhalim dan melampaui batas, maka Allah akan mencelakakannya dan menyusahkannya sebagai balasan atas perbuatannya. Hadits di atas merupakan peringatan keras terhadap orang yang menyakiti seorang muslim dengan cara apa pun.

Subulussalam, Syarh Bulughul Maram






nasehat-muslim blogpsot co id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar