Laman

Sabtu, 07 Mei 2011

Ulama Hadist sekaligus Fiqih














Nasehat Muslim

Fuqahaul Muhaditsiyn adalah ulama yang paham terhadap ilmu hadist dan fiqh, mereka ulama hadist sekaligus fiqih, mereka antara lain Imam Ahmad, Imam Malik, Imam Syafi'i, Imam Bukhari dan lain-lain.

Merekalah yang menjaga sunnah nabi muhammad shalallahu'alaihi wassalam, mereka yang menolong hadist nabi muhammad shalallhui'alaihi wassalam dari para pemalsu hadist.Merekalah yang membongkar para pemalsu hadist, dengan ilmu periwayatan hadist maka terjagalah hadist sehingga nampak yang shahih dari nabi muhammad shalallahu'alaihi wassalam dari yang palsu.

Merekalah yang membongkar hadist-hadist palsu yang dibuat para pemalsu hadist yang menyebabkan berbagai bentuk penyimpangan amal dan ibadah umat islam, yang para pemalsu tersebut sebagaimana dalam hadist terancam neraka.

Disamping mereka paham ilmu hadist sehingga bisa memilah-milih hadist yang shahih tidak asal dalam menggunakan hadist, mereka juga ulama fiqih yang mampu melakukan istinbath hukum dari dalil-dalil secara tepat, kemudian menjelaskan pemahaman dari dalil-dalil tersebut sesuai yang dimaksudkan syariat.

Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam bersabda
"ulama adalah pewaris para nabi"
(HR. Abu daud, 463)

Merekalah para ulama yang kedudukan mereka mulia dan utama setelah para sahabat radhiallahu'anhum ajma'in.

(Rujukan utama, at-ta'liyqatul mukhtasarah 'ala 'aqiydatit thahawiyah, syaikh Dr. Shalih al-fauzan, penerbit darul 'ashimah, hal 236-237)

Nasehat Muslim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar