Laman

Selasa, 30 April 2019

Setelah Kehidupan ada Kematian

Hasil gambar untuk muslimah.or.id takut Allah


Nasehat Muslim

وَعَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ - رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ - قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - إذَا أَصْبَحَ يَقُولُ: «اللَّهُمَّ بِك أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِك نَحْيَا، وَبِك نَمُوتُ، وَإِلَيْك النُّشُورُ» «وَإِذَا أَمْسَى قَالَ مِثْلَ ذَلِكَ، أَلَا أَنَّهُ قَالَ: وَإِلَيْك الْمَصِيرُ» أَخْرَجَهُ الْأَرْبَعَةُ.
1460. Dari Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu berkata, "Apabila masuk waktu pagi Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam membaca doa, "Ya Allah, dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki pagi, dan dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami memasuki waktu sore. Dengan rahmat dan pertolongan-Mu kami hidup, dan dengan kehendak-Mu kami mati. Dan kepada-Mulah kami dikumpulkan." Dan apabila memasuki waktu sore beliau membaca seperti itu juga, hanya saja di akhir beliau baca, "Dan kepada-Mulah tempat kembali semua makhluk." (HR. Al-Arba'ah)
[Shahih: Abi Dawud (5078)]
ـــــــــــــــــــــــــــــ
[سبل السلام]
Tafsir Hadits
Berkaitan dengan batasan waktu, yakni dengan kekuatan-Mu, kekekuasaan dan kemurahan-Mu kami memasuki waktu subuh, karena Engkaulah Yang mewujudkan kami dan Yang mewujudkan waktu subuh. Demikian juga halnya dengan waktu sore.
An-Nusyuur artinya membangkitkan sesuatu yang sudah mati. Hubungannya dengan doa ini: tidur adalah saudara kematian, ketika seseorang terbangun dari tidurnya, seakan-akan ia baru bangkit dari kematian. Waktu sore disebut mashiir (tempat kembali) karena waktu itu orang-orang akan kembali tidur, seolah-olah sedang menghadapi kematian. Hadits ini juga mengisyaratkan bahwa segala kenikmatan asalnya dari Allah Ta'ala.

[سبل السلام]
Subulus Salam, Syarah Bulughul Maram






nasehat-muslim blogpsot co id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar