Laman

Sabtu, 28 Desember 2013

Tafsir "Cukuplah Allah menjadi Saksi"

 














Nasehat Muslim

Pertanyaan 


بالزر الأيمن ثم حفظ باسم
كذلك قوله سبحانه: (( وَكَفَى بِاللَّهِ حَسِيبًا))[النساء:6] .. (( وَكَفَى بِاللَّهِ شَهِيدًا ))[النساء:79] .. (( فَمَا لَهُ مِنْ قُوَّةٍ وَلا نَاصِرٍ ))[الطارق:10]، اشرحوا لي هذه الأجزاء من الآيات الكريمة؟

Allah ta'ala berfirman, "Cukuplah Allah menjadi pengawas" (Surat Annisa:6), "Cukuplah Allah menjadi saksi" (Surat Annisa:79), "maka tidaklah ada bagi manusia (pada hari akhir) kekuatan dan tidak ada penolong" (Surat Atthariq:10), kami meminta penjelasan tentang ayat ini?

Jawab


هذا معناه على الظاهر كفى باله حسيباً، كفى بالله وكيلاً، هوسبحانه وتعالى الحكيم بعباده والوكيل عليهم والكفيل لهم، حسبنا الله ونعم الوكيل، فكفى بالله حسيباً، وكفى بالله وكيلاً سبحانه وتعالى، ولا يمكن أن يخرج عن قدرته وعزته أحد، سبحانه وتعالى، والله سبحانه وتعالى إذا أراد شيئاً لا يمنعه أحد، بل قدره نافذ سبحانه في عباده، صالحهم وطالحهم فهو جل وعلا المتصرف بعباده كيف يشاء، لا راد لقضائه ولا غالب لأمره سبحانه وتعالى، وهو على كل شيء قدير.

Makna dari dzahir ayat bahwa cukuplah Allah saja yang akan menghitung amalan manusia, cukup bagi Allah yang menjadi saksi, Dia-lah Allah hakim atas hamba-Nya, Allah saksi atas hamba-Nya, cukuplah Allah sebaik-baik penolong, tidak mungkin manusia keluar dari kehendak dan keagungan-Nya, Allah jika menghendaki sesuatu maka tidak ada yang dapat menolak,  tidak ada yang dapat memalingkan ketetapan-Nya, tidak ada yang mampu mengalahkan-Nya, Dia-lah Allah yang berkuasa atas segala sesuatu

Lihat Fatawa Komite Tetap Kajian Ilmiah dan Fatwa Arab Saudi
http://binbaz.org.sa/mat/10269








Nasehat Muslim
www.nasehat-muslim.blogpsot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar