Laman

Sabtu, 19 April 2014

Ilmu, Khusyu', Ibadah, Akhlaq, Zuhud dan Muamalah
















Nasehat Muslim

أثر العلم
قال سفيان ابن عيينة: « إذا كان نهاري نهار سفيه، وليلي ليل جاهل، فما أصنع بالعلم الذي كتبت ؟ ». أخلاق العلماء للآجري (44).
هذه موعظة عظيمة جدير بطالب العلم أن يتنبه لها، وقد كان من شأن السلف رحمهم الله أنَّ العلم يظهر عليهم في عبادتهم وأخلاقهم ومعاملاتهم؛ كما قال الحسن البصري رحمه الله: «كان الرجل إذا طلب العلم لم يلبث أن يُرى ذلك في بصره وتخشعه ولسانه ويده وصلاته وزهده» رواه الدارمي(385).


Sufyan bin uyainah berkata jika disiang hari berada dalam keadaan bodoh malas belajar agama, dan dimalam hari pun tetap dalam keadaan bodoh dari pemahaman ilmu agama, maka dengan ilmu apakah dibuat tulisan anda? 

-Nasehat dalam akhlaqul ulama oleh al-ajury-

Ini merupakan sebuah pelajaran yang sangat besar tentang begitu pentingnya belajar ilmu agama dan perhatian dengan hal tersebut, para ulama shalih terdahulu -semoga Allah merahmati mereka- sangat nampak ilmu mereka didalam ibadah mereka, didalam akhlaq mereka dan didalam muamalah mereka

Hasan Albashri berkata dahulu jika seorang belajar ilmu agama maka akan nampak ilmu agama itu dalam pandangannya, dalam kekhusyuannya, dalam lisannya, dalam tangannya, dalam sholatnya, dan dalam zuhudnya, diriwayatkan oleh Addaarimy
 


Lihat Website :  

Syaikh Prof. Dr. Abdurrozaq Albadr
 










Nasehat Muslim : www.nasehat-muslim.blogpsot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar