Laman

Senin, 04 Desember 2017

Tafsir Al-Baqarah 100: Orang Yahudi Tidak Beriman kepada yang Dibawa Nabi Muhammad Shallallahu'alaihi wassalam

Hasil gambar untuk muslim.or.id janji




Nasehat Muslim

أَوَكُلَّمَا عَاهَدُوا عَهْدًا نَبَذَهُ فَرِيقٌ مِنْهُمْ ۚ بَلْ أَكْثَرُهُمْ لَا يُؤْمِنُونَ

Patutkah (mereka ingkar kepada ayat-ayat Allah), dan setiap kali mereka mengikat janji, segolongan mereka melemparkannya? Bahkan sebagian besar dari mereka tidak beriman.


(Surat Al-Baqarah: 100)


 Tafsir:


Ketika Rasulullah shallallahu'alaihi wassalam diutus dan beliau mengingatkan orang-orang yahudi dan janji mereka kepada Allah serta perintah-Nya kepada mereka agar beriman kepada Nabi Muhammad shallallahu'alaihi wassalam, maka yahudi berkata Allah tidak memerintahkan kami beriman kepada Muhammad dan Allah juga tidak mengambil janji dari kami untuk hal ini. Maka Allah berfirman yang artinya; "Patutkah (mereka ingkar kepada ayat-ayat Allah), dan setiap kali mereka mengikat janji, segolongan mereka melemparkannya?"


 Allah ta'ala berfirman artinya;"segolongan mereka melemparkannya?" Abu qotadah berkata; sebagian mereka membatalkan (perjanjian) 

Sedangkan firman Allah, yang artinya; "bahkan sebagian besar dari mereka tidak beriman", Assuddi berkata; mereka tidak beriman kepada apa yang dibawa oleh Nabi Muhammad shallallahu'alaihi wassalam

Ibnu Katsir berkata; Allah mencela kaum yahudi karena mencampakkan berbagai perjanjian yang Dia meminta mereka agar berpegang teguh padanya serta menunaikan hak-Nya. 

[تفسير القرآن العظيم — الحافظ ابن كثير, Tafsir Al-Qur'an Al-'Adhim, Al-hafidz Ibnu Katsiir]








Nasehat Muslim: 
http://nasehat-muslim.blogspot.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar