Laman

Kamis, 13 Januari 2011

Hari Tidak Ada Lagi Jual Beli yang Menguntungkan











Tafsir Surat Al-baqarah : 254


Allah berfirman, artinya, wahai orang yang beriman, infakkanlah sebagian dari rezeki yang telah Kami berikan kepadamu sebelum datang hari ketika tidak ada lagi jual beli, tidak ada lagi persahabatan, dan tidak ada lagi syafa'at, dan orang kafir itulah orang yang dzalim (QS. Al-baqarah : 254)

Wahai orang yang beriman kepada Allah dan membenarkan Rasulullah Muhammad shalallahu'alaihi wassalam, dan beramal dengan ilmu agama yang telah ia ketahui, keluarkanlah zakat yang telah Allah wajibkan bagi kalian, sedekahkanlah apa-apa yang telah Allah anugerahkan kepada kalian, sebelum datang kepada kalian hari Kiamat.

Hari Kiamat yaitu hari tatkala tidak ada lagi jual beli yang memberi keuntungan, saat harta tidak akan memberikan manfaat bagi diri kalian dari adzab Allah, ketika persahabatan tidak memberikan manfaat lagi yaitu tatkala seorang sahabat tidak lagi mampu menyelamatkan sahabatnya, dan pemberi syafaat tidak mampu meringankan kalian dari adzab Allah. Dan orang-orang kafir, mereka itulah orang yang dzalim yang melampaui batas dari hukum-hukum Allah subhanahu wata'ala.

(Tafsir Al-muyasar, biisyraf syaikh shalih alu syaikh, Al-Madinah Al-Munawarah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar