Laman

Selasa, 16 Agustus 2011

Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam



















Nasehat Muslim

Allah ta'ala berfirman
"Alhamdulillahi rabbil 'alamin" ( Segala puji bagi Allah, Rabb semesta alam)
(QS. Al-fatihah)

Tafsir :

Alhamdulillah (segala puji bagi Allah ta'ala), pujian bagi Allah dengan sifat yang sempurna, bagi Allah pujian yang sempurna dari segala segi.

Rabbil'alamin (Rabb semesta alam), Al-rabb adalah murrabi yaitu yang Maha memelihara dan mengurus seluruh alam, selain Allah ta'ala adalah mahluk, nikmat Allah atas mahluk-Nya sangatlah luas, sekiranya seluruh nikmat dihilangkan maka tidak akan ada yang bisa memberi nikmat, seluruh nikmat adalah pemberian Allah ta'ala.

Pemeliharaan (tarbiyah) Allah ta'ala atas mahluknya maka ada dua jenis yaitu umum dan khusus.

Pemeliharaan secara umum yaitu Allah ta'ala yang mencipta mahluknya, memberikan rezeki, dan menunjukkan pada kemaslahatan.

Adapun pemeliharaan secara khusus yaitu pemeliharaan Allah ta'ala kepada para wali-Nya dengan keimanan dan memberikan taufiq pada kebaikan menjaga dari keburukan.

Rabbil'alamin (Rabb semesta alam) menunjukkan bahwa Allah ta'ala saja yang mencipta, memelihara, memberikan nikmat, kekayaan-Nya sempurna, dan mahluk sangat faqir terhadap Allah ta'ala.

(Sumber rujukan, tafsir alqur'an, taysir karimirrahman fii tafsiril kalamil manan, syaikh abdurrahman bin nashir as-sa'di,
surat al-fatihah)




Tidak ada komentar:

Posting Komentar