Laman

Jumat, 17 Februari 2012

Bagaimana Shalat Taubat?

 
 
 
 
 
 
 
 
Nasehat Muslim 
Pertanyaan 
Seorang pemuda berkata, saat masih sangat muda saya melakukan berbagai perbuatan maksiat, dan saya telah bertaubat kepada Allah, Alhamdulillah saya bersyukur, akan tetapi saya seolah tidak mendapat apa-apa, dan saya mendengar adanya shalat taubat, saya berharap anda memberikan faidah penjelasan tentang hal ini, jazakumullah khairan
 Jawab 
Taubat akan menghapuskan dosa yang sebelumnya, alhamdulillah.

Tidak selayaknya ada didalam hati anda sesuatu (persangkaan buruk), wajib bagi anda untuk berprasangka baik pada Rabb anda, dan yakin bahwa Alah akan mengabulkan taubat anda jika bertaubat dengan jujur.

Allah ta'ala berfirman, artinya
"Dan bertaubatlah kalian semua kepada Allah wahai orang yang beriman agar kalian beruntung" (QS. Annur ; 31)

Allah ta'ala berfirman, artinya
"Sesungguhnya aku sangat pengampun bagi orang yang  bertaubat, beriman dan beramal shalih (QS. Taha ; 82)

Dan Allah ta'ala berfirman, artinya
Wahai orang yang beriman bertaubatlah kepada Allah dengan taubatannasuha, semoga Allah akan menghapus kesalahan kalian dan memasukkan kalian kedalam surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai (QS. Attahrim : 8)

Kata (Semoga) jika untuk Allah maka bersifat wajib.

Maka wajib bagi anda untuk berbaik sangka kepada Rabb anda dan berhati-hatilah dari waswas syethan, dan Allah ta'ala berfirman dalam hadist qudsi, artinya, aku sesuai dengan persangkaan hamba-KU, maka selayaknya anda berbaik sangka pada Allah ta'ala, Nabi muhammad shalallahu'alaihi wassalam bersabda, artinya, Janganlah meninggal salah seorang dari kalian kecuali berbaik sangka pada Allah (HR. Muslim).

Adapun shalat taubat maka telah benar dari Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam Tidaklah hamba berbuat dosa kemudian berthaharah (bersuci) dan memperbaiki thaharahnya, kemudian shalat dua rakaat kemudian bertaubat kepada Allah dari dosanya, maka Allah akan mengampuninya
Lihat  :  http://binbaz.org.sa/mat/67                                      
   
 
 
 
Nasehat Muslim> http://nasehat-muslim.blogspot.com/

1 komentar:

  1. Nasehat Muslim
    Pertanyaan
    Seorang pemuda berkata, saat masih sangat muda saya melakukan berbagai perbuatan maksiat, dan saya telah bertaubat kepada Allah, Alhamdulillah saya bersyukur, akan tetapi saya seolah tidak mendapat apa-apa, dan saya mendengar adanya shalat taubat, saya berharap anda memberikan faidah penjelasan tentang hal ini, jazakumullah khairan
    Jawab
    Taubat akan menghapuskan dosa yang sebelumnya, alhamdulillah.

    Tidak selayaknya ada didalam hati anda sesuatu (persangkaan buruk), wajib bagi anda untuk berprasangka baik pada Rabb anda, dan yakin bahwa Alah akan mengabulkan taubat anda jika bertaubat dengan jujur.

    Allah ta'ala berfirman, artinya
    "Dan bertaubatlah kalian semua kepada Allah wahai orang yang beriman agar kalian beruntung" (QS. Annur ; 31)

    Allah ta'ala berfirman, artinya
    "Sesungguhnya aku sangat pengampun bagi orang yang bertaubat, beriman dan beramal shalih (QS. Taha ; 82)

    Dan Allah ta'ala berfirman, artinya
    Wahai orang yang beriman bertaubatlah kepada Allah dengan taubatannasuha, semoga Allah akan menghapus kesalahan kalian dan memasukkan kalian kedalam surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai (QS. Attahrim : 8)

    Kata (Semoga) jika untuk Allah maka bersifat wajib.

    Maka wajib bagi anda untuk berbaik sangka kepada Rabb anda dan berhati-hatilah dari waswas syethan, dan Allah ta'ala berfirman dalam hadist qudsi, artinya, aku sesuai dengan persangkaan hamba-KU, maka selayaknya anda berbaik sangka pada Allah ta'ala, Nabi muhammad shalallahu'alaihi wassalam bersabda, artinya, Janganlah meninggal salah seorang dari kalian kecuali berbaik sangka pada Allah (HR. Muslim).

    Adapun shalat taubat maka telah benar dari Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam Tidaklah hamba berbuat dosa kemudian berthaharah (bersuci) dan memperbaiki thaharahnya, kemudian shalat dua rakaat kemudian bertaubat kepada Allah dari dosanya, maka Allah akan mengampuninya
    Lihat : http://binbaz.org.sa/mat/67




    Nasehat Muslim> http://nasehat-muslim.blogspot.com/

    BalasHapus