Laman

Rabu, 23 Januari 2013

Nabi & Shahabat Tidak Pernah Mengadakan Maulid



Nasehat Muslim

Pertanyaan

kami meminta penjelasan berkait dengan sejarah yang benar berkait dengan kelahiran Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam, kami berencana mengadakan perayaan pada malam maulid Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam, juga mengkhususkan perlombaan alqur'an pada malam itu, juga melakukan penyembelihan kambing pada malam itu, juga mengkhususkan ceramah pada malam itu, kami mengharap diberi penjelasan apakah acara seperti ini diperbolehkan secara syariat ?


Jawab
 
Pertama, Nabi Muhammad shalallahu'laihi wassalam dilahirkan pada tahun gajah,  pada bulan rabi'ul awal sebagaimana penelitian ulama muhammad bin Ishaq juga para ulama shirah dalam kitab-kitab shirah.
 
Kedua, dan termasuk bid'ah yang dilarang yaitu mengadakan perayaan pada malam maulid Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam, juga mengkhususkan perlombaan alqur'an pada malam itu, juga melakukan penyembelihan kambing pada malam itu, juga mengkhususkan ceramah pada malam itu.
 
Hal diatas dilarang karena Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam lebih mengetahui tentang dirinya, dan tidak selayaknya memuliakan beliau dengan hal yang tidak pernah diajarkan oleh syariat Allah, dan maulid tidak pernah disyariatkan dalam Islam.
Dan juga tidak pernah para saudara kita terdahulu yaitu para shahabat Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam menjalankan peringatan maulid Nabi, juga tidak pernah dilakukan maulid para shahabat, -semoga shalawat dan salam terlimpah bagi Nabi Muhammad shalallau'alaihi wassalam dan para shahabat-.
 
Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam bersabda, artinya, barangsiapa yang membuat urusan yang baru dalam urusan (ibadah) kami ini, yang tidak ada petunjuk darinya maka hal itu tertolak.
 
Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam bersabda, artinya, barangsiapa yang mengamalkan suatu amalan yang tidak ada atasnya perintah dari kami maka hal itu tertolak.
 
  Fatwa Komte fatwa Arab saudi : Lajnah daimah Lilbuhuts wal ifta : http://www.alifta.net/Fatawa/FatawaChapters.aspx?View=Page&PageID=214&PageNo=1&BookID=12










Nasehat Muslim

2 komentar:

  1. Syaikh Abdul azis bin Abdullah bin baz:

    JIka maulid disyariatkan maka kami akan bersegera menjalankannya & mendakwahkannya

    http://www.binbaz.org.sa/mat/83

    BalasHapus

  2. JADIKAN ORG MATI PERANTARA ADALAH SYIRIK, CONTOH SYIRIK ITU BERKATA: WAHAI WALI MATI MINTAKAN PD ALLAH JODOH UNTUKKU, DSB,,,,, ORANG MATI TIDAK BISA BERBUAT UNTUK DIRINYA APALAGI ORANG LAIN

    http://www.nasehat-muslim.blogspot.com/

    BalasHapus