Laman

Jumat, 17 Mei 2013

Orang Dzalim Berlutut di Neraka

 












Nasehat Muslim

Pertanyaan
 


Apa makna firman Allah ta'ala, artinya, "Dan tidak ada seorangpun daripadamu, melainkan mendatangi neraka itu" (QS. Maryam: 71), apakah makna ayat ini masuk neraka atau melewati shirath?

Jawab


Maknanya adalah melewati sebagaimana hal ini dijelaskan dalam hadist Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam, kemudian Allah menyelamatkan orang yang bertaqwa dan membiarkan orang yang dzalim didalam neraka dalam keadaan berlutut.

Allah ta'ala berfirman, artinya,"Kemudian Kami akan menyelamatkan orang-orang yang bertaqwa dan membiarkan orang-orang yang zalim di dalam neraka dalam keadaan berlutut” (QS. Maryam : 72)

Dan orang kafir akan didorong kedalam Neraka, adapun orang yang berbuat dosa maksiat maka ada yang diselamatkan dari neraka adapula yang dimasukkan namun tidak kekal di neraka, orang maksiat diadzab kemudian akan dihentikan adzabnya sampai waktu tertentu, namun  orang kafir akan diadzab kekal selamanya di neraka.

Allah ta'ala berfirman, artinya, "Demikianlah Allah memperlihatkan kepada mereka amal perbuatannya menjadi sesalan bagi mereka, dan sekali-kali mereka tidak akan ke luar dari api neraka"  (QS. Albaqarah : 167)

Allah ta'ala berfirman, artinya, "Sesungguhnya orang-orang yang kafir sekiranya mereka mempunyai apa yang di bumi ini seluruhnya dan mempunyai yang sebanyak itu (pula) untuk menebus diri mereka dengan itu dari azab hari kiamat, niscaya (tebusan itu) tidak akan diterima dari mereka, dan mereka beroleh azab yang pedih" (QS. Almaidah:36)

Dan ayat yang mempunyai makna semacam ini banyak, kami meminta kepada Allah 'afiyah dan keselamatan dari menjadi ahli neraka.
 
Lihat Fatwa Syaikh Bin Baz Arab Saudi : http://www.binbaz.org.sa/mat/1763
















Nasehat Muslim
www.
nasehat-muslim.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar