Laman

Minggu, 19 Oktober 2014

Ziarah Kubur untuk Mengingat Akhirat Bukan untuk Meminta pada Orang Mati


















Nasehat Muslim 

Pertanyaan


س: ما رأيكم في إنسان زار المسجد النبوي وهو على وضوء وخرج إلى البقيع وإلى المزارات الأخرى على غير وضوء، هل عليه شيء في ذلك؟

Apa pendapat anda tentang manusia yang berziarah ke Masjid Nabawi dan dia dalam keadaan wudhu dan kemudian berziarah ke Baqi' dan ke tempat ziarah yang lain dalam keadaan tidak berwudhu, apakah dalam hal ini ada permasalahan?

Jawab

ج: لا شيء عليه؛ لأن زيارة البقيع أو شهداء أحد لا يطلب لها أن يكون الزائر على وضوء، وهكذا زيارة جميع القبور تستحب ولا تشترط لها الطهارة؛ لعموم قول النبي صلى الله عليه وسلم:  زوروا القبور فإنها تذكركم الآخرة  أخرجه مسلم في صحيحه .

وبالله التوفيق وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.

Tidak ada masalah dalam hal ini, karena ziarah ke baqi' dan syuhada uhud tidak dibutuhkan dalam keadaan wudhu, demikian juga ziarah ke kubur disunnahkan dan juga tidak disyariatkan bersuci, dari keumuman sabda Nabi Muhammad shallallahu'alaihi wassalam, "perbanyaklah berziarah kubur karena hal itu mengingatkan kalian pada akhirat, hadist ini dikeluarkan Imam Muslim dalam shahihnya, wa billahi taufiq wa shallallahu 'ala nabiyina muhammad wa alihi wa shahbihi wassalam

Lihat Fatawa Lajnah Daimah:

 http://www.alifta.net/Fatawa/FatawaChapters.aspx?languagename=ar&View=Page&PageID=150&PageNo=1&BookID=12  










Nasehat Muslim : www.nasehat-muslim.blogpsot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar