Laman

Rabu, 30 Desember 2015

Muslimah Sakit Asma Saat Memakai Niqab (Cadar) Boleh Diringankan








Nasehat Muslim    

السؤال : 
عندما ألبس النقاب أشعر بالغثيان وضيق بالتنفس ، إضافة الى ألم في الرأس ؛ لأني أعاني من الجيوب الأنفية ، وعلاجها إجراء عمليه كل ٣ أشهر ، أجريتها مرتين ولم أجد نتيجة ، والبخاخ يعالج حالات الربو والحساسية ولا ينفع لمثل حالتي ، فهل يجوز لي أن أنزع النقاب ؟

Pertanyaan:
Ketika saya memakai niqab (cadar/penutup muka)  saya merasa gerah dan terasa sempit dalam bernafas, saya merasakan nyeri dikepala, karena saya didiagnosa mengalami sakit terkait pernafasan, dan tiap tiga bulan saya menjalani pengobatan, namun hingga saat ini saya belum mendapatkan kesembuhan, saya juga memakai sprayer asma untuk membantu dalam bernafas, dalam kasus semisal saya ini apakah boleh tidak memakai niqab? 

الجواب : 
لحمد لله
عرضت هذا السؤال على شيخنا عبد الرحمن البراك حفظه الله تعالى ، فقال :
" يمكن أن تخففي من النقاب سُمكاً وطولاً ، ولك أن تظهري الأنف للحاجة ، وخففي من خروجك قدر الإمكان ، ونسأل الله أن يأجرك على اهتمامك وحرصك ، وأن يكتب لك الشفاء" انتهى.
وينظر جواب السؤال : (108097) .

والله أعلم .

Jawab:
Alhamdulillah, saya pernah menanyakan soal seperti ini kepada guru kami abdurrahman Albaraak hafidhahullah ta'ala dan beliau berkata: boleh bagi anda untuk meringankan tebal dan panjang niqab (penutup muka/cadar) anda, boleh bagi anda menampakkan hidung ketika ada kebutuhan, boleh bagi anda meringankan sesuai kemampuan, dan kami memohon kepada Allah agar memberikan pahala atas perhatian dan semangat anda (dalam beragama) serta memberikan anda kesembuhan dari penyakit, selesai, jawab soal 108097, wallahu a'lam

Catatan penerjemah: memakai niqab/cadar/penutup wajah bagi wanita hukumnya adalah sunnah

Lihat Syaikh Muhammad bin Shalih Almunajid:  
https://islamqa.info/ar/240883







Nasehat Muslim :    
www.nasehat-muslim.blogpsot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar