Laman

Selasa, 16 Juli 2019

Malaikat Menyampaikan Wahyu untuk Memberi Peringatan

Hasil gambar untuk alquran muslim.or.id


Nasehat Muslim

"Demi yang bershaf-shaf dengan sebenar-benarnya"(Ash-Shaaffaat: 1)

Para malaikat bershaf-shaf. Rasulullah Muhammad shallallahu'alaihi wassalam memerintahkan kami agar mengimami shalat dengan ringan dan beliau pernah mengimami kami dengan membaca surat Ash-shaaffat (HR. Imam Nasai). Nabi shallallahu'alaihi wassalam bersabda, kita dilebihkan dari umat manusia lainnya dengan tiga perkara, yaitu shaf kita telah diatur seperti shaf para malaikat, bumi dijadikan bagi kita sebagai tempat bersujud, dan dijadikan bagi kita tanahnya untuk bersuci jika kita mendapatkan air (HR. Muslim).

"dan demi yang melarang dengan sebenar-benarnya" (As-Shaaffaat: 2

Ada para malaikat yang melarang awan (hujan). Ar ro’du adalah malaikat yang diberi tugas mengurus awan dan bersamanya pengoyak dari api yang memindahkan awan sesuai dengan kehendak Allah (HR. Attirmidzi no.3117)

"dan demi yang membacakan pelajaran (3) sesungguhnya Tuhanmu benar-benar esa (4) Tuhan langit dan bumi dan apa yang berada di antara keduanya dan Tuhan tempat-tempat terbit matahari (5) [Ash-Shaaffaat: 2-5]

dan demi yang membacakan pelajaran yaitu malaikat membacakan alqur'an kepada Nabi, dalam surat al-mursalat 5-6 disampaikan bahwa malaikat menyampaikan wahyu untuk menolak alasan atau memberi peringatan.

تفسير القرآن العظيم — ابن كثير
Tafsir Alqur'an Al'adzim, Ibnu Katsir







nasehat-muslim blogpsot co id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar