Laman

Rabu, 10 Juli 2019

Doa antara Adzan dan Iqamat Tidak akan Ditolak.

Gambar terkait



Nasehat Muslim
وَعَنْ أَنَسٍ - رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ - قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -: «الدُّعَاءُ بَيْنَ الْأَذَانِ وَالْإِقَامَةِ لَا يُرَدُّ» أَخْرَجَهُ النَّسَائِيّ وَغَيْرُهُ، وَصَحَّحَهُ ابْنُ حِبَّانَ وَغَيْرُهُ.
1451. Dari Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu berkata 'Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam pernah bersabda, "Doa antara adzan dan iqamat tidak akan ditolak." (HR. An-Nasa'i dan lainnya serta dishahihkan oleh Ibnu Hibban dan yang lainnya)
[Shahih: Shahih Al Jami' 3408]
ـــــــــــــــــــــــــــــ
[سبل السلام]
Penjelasan Kalimat
"Dari Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu berkata, "Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, "Doa antara adzan dan iqamat tidak akan ditolak." Hadits riwayat An-Nasa'i dan lainnya dan dishahihkan oleh Ibnu Hibban dan yang lainnya (Telah berlalu hadits dengan lafazh yang lain beserta pembahasannya pada bab adzan. Doa setelah shalat fardhu lebih ditegaskan lagi dengan hadits yang diriwayatkan oleh At-Tirmidzi dari Abu Umamah Radhiyallahu Anhu,
«قُلْت يَا رَسُولَ اللَّهِ أَيُّ الدُّعَاءِ أَسْمَعُ؟ قَالَ جَوْفَ اللَّيْلِ وَأَدْبَارَ الصَّلَوَاتِ الْمَكْتُوبَاتِ»
ia berkata, "Ya Rasulullah, kapan doa yang paling didengar." Beliau bersabda, “Yaitu di tengah malam dan di akhir setiap shalat fardhu.” [Shahih: At Tirmidzi 3499]
Adapun apa yang dilakukan oleh orang-orang dengan berdoa setelah salam shalat fardhu dengan cara sang imam menghadap kiblat dan makmum ikut berdoa di belakangnya, maka Ibnu Qayyim memberikan komentarnya bahwa kaifiyat (tata cara) seperti ini tidak pernah ada pada zaman Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam dan tidak ada tercantum dalam satu hadits shahih pun atau hadits hasan. Hadits-hadits hanya mencantumkan doa yang sudah makruf setelah shalat fardhu. Hadits juga mencantumkan tentang ada tasbih dan takbir setelah shalat fardhu sebagaimana yang telah disinggung tentang masalah dzikir setelah shalat fardhu.

[سبل السلام]
Subulus Salam, Syarah Bulughul Maram






nasehat-muslim blogpsot co id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar