Laman

Selasa, 30 Juli 2019

Ucapkan Perbendaharaan Surga; Laa Haula walaa Quwwata ilia Billah

Hasil gambar untuk muslim.or.id perbendaharaan surga

Nasehat Muslim

وَعَنْ أَبِي مُوسَى الْأَشْعَرِيِّ قَالَ: قَالَ لِي رَسُولُ اللَّهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -: «يَا عَبْدَ اللَّهِ بْنَ قَيْسٍ، أَلَا أَدُلُّك عَلَى كَنْزٍ مِنْ كُنُوزِ الْجَنَّةِ؟ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إلَّا بِاَللَّهِ» مُتَّفَقٌ عَلَيْهِ، زَادَ النَّسَائِيّ: «لَا مَلْجَأَ مِنْ اللَّهِ إلَّا إلَيْهِ»

1447. Dari Abu Musa Al-Asy'ari Radhiyallahu Anhu berkata, "Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam berkata kepadaku, "Wahai Abdullah bin Qais, maukah engkau aku tunjukkan perbendaharaan dari perbendaharaan surga ?" "Tentu saja wahai Rasulullah" jawabku. Beliau bersabda, "Ucapkanlah laa haula walaa quwwata ilia billah (tiada daya dan kekuatan kecuali datangnya dari Allah)" (Muttafaq Alaih)
[shahih, Al-Bukhari (3968) dan Muslim (2704)]
An-Nasaa'i menambahkan, "Tiada tempat berlindung kecuali kepada-Nya."
ـــــــــــــــــــــــــــــ
[سبل السلام]
Tafsir Hadits
Hadits ini menunjukkan bahwa pahala dari ucapan 'laa haula walaa quwwata illa billah' {tiada daya dan kekuatan kecuali datangnya dari Allah) akan tersimpan di dalam surga, yakni pahala yang sangat berharga sebagaimana harta karun merupakan harta yang paling berharga bagi manusia.
Yang dimaksud dengan maknun adalah ganjaran pahala yang ada disisi Allah untuk kalian. Sebab kalimat tersebut menunjukkan penyerahan diri dan pasrah kepada Allah Ta'ala, pengakuan dengan cara menaatinya, tidak ada yang menciptakan selain Dia, tidak ada yang kuasa menolak perintah-Nya dan para hamba sedikit pun tidak memiliki kekuasaan atas diri mereka sendiri.
Al-haul artinya perbuatan atau gerak-gerik. Maksudnya tidak ada perbuatan dan tidak ada gerakan yang mampu untuk dilakukan kecuali dengan kehendak Allah Ta'ala. Diriwayatkan dalam sebuah hadits mengenai tafsir kalimat di atas dengan sanad yang marfu' bahwasanya Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda,
«لَا حَوْلَ عَنْ الْمَعَاصِي إلَّا بِعِصْمَةِ اللَّهِ وَلَا قُوَّةَ عَلَى طَاعَةِ اللَّهِ إلَّا بِاَللَّهِ ثُمَّ قَالَ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - كَذَلِكَ أَخْبَرَنِي جِبْرِيلُ عَنْ اللَّهِ تَبَارَكَ وَتَعَالَى»
  
"Tiada daya untuk menjauhkan diri dari maksiat kecuali karena penjagaan dari Allah, dan tidak ada kekuatan untuk melakukan ketaatan kepada Allah kecuali atas kehendak Allah." Kemudian Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, "Demikianlah berita yang dibawa Jibril kepadaku dari Allah Ta'ala."
Sabda beliau "tidak ada tempat berlindung," maksudnya tidak ada tempat menghindar dari qadha Allah dan tidak ada tempat menyelamatkan diri, kecuali hanya kepada Allah.

Subulussalam, Syarh Bulughul Maram






nasehat-muslim blogpsot co id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar