Laman

Minggu, 30 Januari 2011

Penjelasan Tiga Negeri, Dunia, Barzah, Akhirat












Tiga Negeri itu adalah negeri dunia, negeri barzah, dan negeri akhirat.

Negeri Dunia adalah kehidupan manusia setelah kelahirannya, dikatakan dunia karena dekat hilangnya, cepat hilang keadaannya, Allah berfirman, artinya, "Dan tidaklah kehidupan dunia itu melainkan hanyalah kesenangan yang menipu", inilah dunia negeri tempat beramal dan bertauhid tidak berbuat kesyirikan, dan tempat beribadah.

Negeri Barzah adalah kehidupan setelah kematian, dialam kubur, Allah berfirman, artinya, "dan dihadapan mereka ada barzah sampai hari mereka dibangkitkan(Al-Mukminun: 100).

Negeri akhirat, dinamakan demikian karena yang terakhir dari dunia, dan karena akhir dari persinggahan kehidupan yang tiga, Allah berfirman, artinya, tapi mereka lebih mementingkan kehidupan dunia, padahal akhirat itulah lebih baik dan kekal, Negeri ini terjadi setelah kebangkitan, dan akhir darinya ada yang masuk surga, ada yang masuk neraka, sebagaimana Allah berfirman, artinya, sebagian di surga dan sebagian di neraka".

(referensi, aysarus syuruh 'alal qaulil mufid fii adilatit tauhid, hal 150, syaikh muhammad alwushabi, darul istiqamah, kairo mesir, 1430 H)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar