Laman

Jumat, 28 Januari 2011

Pentingnya Kembali / Inabah kepada Allah ta'ala














Allah berfirman, artinya, "dan kembalilah (anibuw) kamu kepada Tuhanmu, dan berserah dirilah kepada-Nya".(QS.Az-zumar:54)

Ayat ini menunjukkan bahwa kembali kepada Allah subhanahu wata'ala (Inabah) adalah Ibadah, yang menunjukkan akan hal ini adalah Allah memerintahkan hamba untuk kembali kepada-Nya.

Makna kembali pada Allah (Inabah) yaitu kembali pada Allah dengan bertaubat (memohon ampun atas dosa, menyesal atas dosa, berusaha keras tidak mengulangi dosa) dan mengikhlaskan amal hanya diniatkan murni untuk Allah ta'ala (Kitab Al-mufradat, Hal 509).

Dan Allah subhanahu wata'ala telah memuji orang-orang yang mereka kembali kepada-Nya dalam ayat lain dalam al-qur'an, dan mengabarkan surga bagi orang yang kembali pada Allah (Inabah) dan khasyah.

Allah berfirman, artinya,
“Dan didekatkanlah surga itu kepada orang-orang yang bertakwa pada tempat yang tiada jauh (dari mereka). Inilah yang dijanjikan kepadamu, (yaitu) kepada setiap hamba yang selalu kembali (kepada Allah) lagi memelihara (semua peraturan-peraturan-Nya). (Yaitu) orang yang takut kepada Dzat Yang Maha Pemurah padahal Dia tidak kelihatan (olehnya) dan dia datang dengan hati yang kembali (bertaubat)” (Qaf: 31-35)

(Referensi, taysir whusul ila naylil mamul, nukman bin abdilkarim, Hal 56, maktabah darul haramain, shan'a)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar