Laman

Jumat, 18 Februari 2011

Hati yang Selamat














Nasehat Muslim

Hati yang sehat adalah hati yang selamat, dan tidaklah selamat pada hari kiamat kecuali orang yang datang kepada Allah dengan hati yang sehat ini.

Allah berfirman, artinya,
"Hari yang tidak bermanfaat harta dan anak-anak kecuali orang yang datang kepada Allah dengan hati yang selamat"
(As-syu'ara:88-89)

Hati yang selamat yaitu hati yang selamat dari segala syahwat yaitu yang menyebabkan penyelisihan terhadap perintah Allah subhanahu wata'ala, dan dari segala syubhat yaitu kesalahan pemahaman agama yang menyebabkan penyimpangan terhadap kebaikan.

Dan hati yang selamat yaitu selamat dari beribadah kepada selain Allah ta'ala, selamat dari berhukum pada hukum selain yang telah dibawa rasulullah muhammad shalallahu'alaihi wassalam.

Dan hati yang selamat adalah yang mengikhlaskan ibadah hanya untuk Allah ta'ala, yang ikhlaskan dalam mencintai Allah, ikhlas dalam bertawakal, ikhlas dalam inabah, ikhlas dalam takut pada Allah, ikhlas dalam berharap pada Allah, dan ikhlas dalam seluruh amalan hanya untuk Allah ta'ala.

Dan hati yang selamat, adalah hati yang ketika mencintai adalah mencintai hanya karena Allah, dan hati yang dalam membenci sesuatu maka membenci hanya karena Allah, dan ketika memberi maka memberi hanya karena Allqah ta'ala, dan ketika mencegah maka mencegah hanya karena Allah.

Dan hati yang selamat ini adalah yang patuh dengan apa-apa yang telah dibawa oleh rasulullah muhammad shalallahu'alaihi wassalam.

(Referensi, tazkiyatun nufus wa tarbiyatuha, hal 25, Dr. ahmad farid, darul qalam, beirut, lebanon)

nasehat muslim
www.nasehat-muslim.blogspot.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar