Laman

Jumat, 25 Februari 2011

Sudahkah kita menjadi Hamba yang Bersabar













Nasehat Muslim

Alhamdulillah, washalatu wassalamu 'ala rasulillah, amma ba'du

Rasulullah Muhammad shalallahu'alaihi wassalam bersabda
Barangsiapa berusaha untuk bersabar, maka Allah akan memberikan kesabaran padanya, dan tidak ada pemberian yang baik dan lebih luas daripada kesabaran
(HR. Bukhari (1459) dan Muslim (1053))

Sesungguhnya sabar merupakan pemberian Allah subhanahu wata'ala pada hambanya dan dia adalah pemberian yang paling baik, paling luas, dan paling agung, dan inilah pertolongan dalam segala urusan.

Allah berfirman
"Dan meminta tolonglah dengan kesabaran dan shalat"
(QS. Al-baqarah:45)

Dan kesabaran ini seperti semua akhlaq yang lain, dia membutuhkan mujahadah, kesungguh-sungguhan yang sangat untuk melatih dan membiasakannya bagi jiwa.

Oleh karena itu disebutkan dalam hadist ini, barangsiapa yang berlatih bersabar, yaitu ber-mujahadah atas jiwanya untuk benar-benar bersabar, maka Alalh akan memberikannya kesabaran, Allah akan memberinya pertolongan. Dan sesungguhnya sabar adalah pemberian yang paling besar, karena berkaitan dengan seluruh perkara seorang hamba, dan seluruh hal membutuhkan kepada kesabaran.

Adapun kesabaran itu adalah dalam hal taat kepada Allah sehingga bisa menunaikan hak Allah, sabar dari segala kemaksiatan sehingga bisa meninggalkan karena Allah, sabar atas taqdir Allah sehingga ridha tidak mengeluh serta paham semua taqdir itu terbaik yang Allah tetapkan bagi kita, sabar atas nikmat Allah sehingga bisa digunakan bersyukur nikmat untuk menjalankan perintah-Nya.

Dan tiap perkara butuh kesabaran, dengan sabar akan mencapai kebahagiaan, keberuntungan, dan akan memasukkan kedalam surga.

Allah subhanahu wata'ala berfirman, artinya
"Malaikat-malaikat masuk ketempat mereka dari semua pintu, (sambil berkata) keselamatan atas kalian karena kesabaran kalian"
(QS. ar-ra'du : 23-24)

Maka bagi mereka surga, dan tempat kedudukanyang tinggi karena kesabaran mereka.

Dan bagi yang bersabar Allah akan memberikan ketenangan, kemudahan dalam ketaatan, dan menjaga dari kesalahan, dan Allah akan memberikan petunjuk saat musibah, memberikan kasih sayang dan ketinggian kedudukan didunia dan diakhirat, dan dijanjikan pertolongan, dan akan diberikan kemudhan, dijauhkan dari kesulitan, diberikan kebahagiaan, kesukessan dan keberuntungan, serta akan diberikan pahala tanpa hisab.

Dan penyair berkata tentang sabar ini, dengan kalimat yang indah yang bisa memotivasi kita untuk bersabar yaitu, sabar itu seperti namanya adalah pahit, namun akibatnya adalah manis semanis madu, maka mari bersabar.

(Referensi, bahjatul qulubil abrar wa quratu 'uyunil akhyar, Hal 93-94, syaikh abdurrahman bin nashir assa'di rakhimahullah, darul minhaj, masakin ain syams, kairo, 1423 H)

nasehat muslim
www.nasehat-muslim.blogpsot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar