Laman

Jumat, 25 Februari 2011

Menjenguk Saudara Muslim Sakit













Nasehat Muslim.

Alhamdulillah washalatu wassalamu 'ala rasulillah, amma ba'du

Rasulullah Muhammad shalallahu'alaihi wassalam bersabda
Hak muslim atas muslim ada enam, (salah satunya) .. apabila sakit menjenguknya
(HR. Muslim (2162))

Menjenguk saudara muslim yang sakit adalah salah satu hak dari hak-hak seorang muslim atas muslim lainnya, terlebih khusus seorang muslim yang hubungannya lebih dekat seperti karib kerabat kekeluargaan, ataupun sahabat dekat, dan yang semisal dengan itu, dan hal ini merupakan amal shalih yang utama, yaitu menjenguk saudara muslim yang sedang terimpa sakit.

Dengan menjenguknya seorang muslim pada saudaranya muslim yang sedang sakit maka ini menunjukkan adanya rasa kasih sayang.

Dan barangsiapa yang menjenguk saudaranya muslim yang sedang sakit pada pagi hari maka malaikat akan bershalawat atasnya hingga sore, dan jika menjenguk sore maka malaikat akan bershalawat hingga pagi hari.

Dan sepantasnya seorang muslim yang menjenguk saudaranya yang sedang sakit mendoakan baginya kesembuhan, dan juga memberikan kabar gembira yang bisa menyenangkan hati, dan juga menyebutkan pentingnya taubat dan kembali kepada Allah ta'ala, dan juga wasiat yang bermanfaat lainnya.

Dan juga sepantasnya tidak berlama-lama didalam menjenguk, akan tetapi secukupnya saja dan memahami kondisi, kecuali jika sisakit yang meminta untuk tetap menemaninya, dan tentu semua melihat keadaan yang layak.

(Referensi, bahjatul qulubil abrar wa quratu 'uyunil akhyar, Hal 85-86, syaikh abdurrahman bin nashir assa'di rakhimahullah, darul minhaj, masakin ain syams, kairo, 1423 H)

nasehat muslim
www.nasehat-muslim.blogpsot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar