Laman

Jumat, 11 Maret 2011

Doa Meminta 4 Hal Bermanfaat













Nasehat Muslim

Doa Nabi Muhammad shallahu'alaihi wassalam
Ya Allah sesungguhnya aku meminta kepada-Mu petunjuk, ketaqwaan,
kesucian diri dan kekayaan
(HR.Muslim)

Ini adalah doa yang menyeluruh dan bermanfaat, yang didalamnya mengandung permintaaan akan kebaikan didunia dan diakhirat.

Petunjuk (al-huda) yaitu paham terhadap ilmu agama islam, sedangkan ketaqwaan (attuqa) yaitu kemampuan untuk beramal shalih serta meninggalkan apa yang Allah ta'ala dan rasul-Nya shalallahu'alaihi wassalam larang, dengan dua hal ini, petunjuk dan ketaqwaaan, seseorang akan menjadi orang baik dan benar.

Adapun kesucian diri dan kekayaan (Al-'afaf wal ghina) yaitu mengandung kesucian diri dari meminta-minta pada mahluk, hati tidak bergantung pada manusia, tapi hanya bergantung pada Allah ta'ala, hati merasa kaya dengan pemberian Allah subhanahu wata'ala, merasa cukup serta qanaah dengan yang Allah telah berikan, hati merasa tenang dan tentram, sehingga tercapai kesempurnaan kebahagiaan didunia, dan mendapatkan kehidupan yang baik.

Dan barangsiapa yang telah diberikan empat hal dalam doa ini, yaitu al-huda, attuqa, al-'afaf dan al-ghina, maka ia memperoleh kebahagiaan pada dua negeri, dunia dan akhirat, wallahu'alam.

(referensi, bahjatul qulubil abrar wa quratul 'uyunil akhyar, hal 222, darul minhaj)

Nasehat Muslim
www.nasehat-muslim.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar