Laman

Sabtu, 17 September 2011

Sifat Orang Bodoh













Nasehat Muslim

Allah ta'ala berfirman, artinya
"Dan apabila dikatakan kepada mereka berimanlah kalian sebagaimana manusia telah beriman, mereka berkata apakah kami akan beriman sebagaimana orang-orang bodoh beriman, sekali-kali tidak sesungguhnya mereka itulah orang-orang yang bodoh akan tetapi mereka tidak mengetahui"
(QS. Al-baqarah : 13)





Tafsir :

Apabila dikatakan kepada orang-orang munafik, berimanlah kalian sebagaimana para sahabat nabi muhammad shalallahu'alaihi wassalam yang mereka beriman dengan hati dan lisan mereka, maka berkatalah orang-orang munafik dengan persangkaan mereka yang sangat bathil ; apakah kami akan beriman seperti orang-orang bodoh itu telah beriman?

Maka Allah subhanahu wata'ala menolak persangkaan bathil mereka dan mengabarkan bahwa sebenarnya orang-orang munafik itulah yang pada hakikatnya orang-orang bodoh.

Sifat orang bodoh yaitu tidak mengetahui hal  maslahat yang baik bagi dirinya sendiri dan justru melakukan hal yang memudharati dirinya.

Dan sifat orang bodoh inilah yang ada pada diri orang-orang munafik, mereka menolak kebenaran syariat Islam yang akan memberikan kebahagiaan didunia dan akhirat.

(Sumber rujukan, taysirul karimirrahman fii tafsir kalaamil mannaan, surat al-baqarah)








Nasehat Muslim

Tidak ada komentar:

Posting Komentar