Laman

Kamis, 04 Oktober 2012

Salam dalam Shalat yang Benar Ucapan Bagaimana?

 
 
 
 
 
 
 
Nasehat Muslim
Pertanyaan
Tatkala diakhir dalam shalat yakni saat salam maka apakah yang benar berucap ; Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakaatuh tatkala menengok kearah kanan kemudian kiri, atau cukup dengan mengucap : Assalamu'alaikum warahmatullah, dan apa hukum jika menambah ucapan salam dengan wabarakaatuh ?
Jawab 
Adapun yang sesuai sunnah dalam salam shalat yaitu cukup ucapan Assalamu'alaikum warahmatullah, inilah yang disyariatkan tatkala menengok kanan dan kiri.

Adapun tambahan ucapan wabarakaatuh, maka para ulama berbeda pendapat dalam hal ini, dalam hadist dari alqamah bin wail dari bapaknya dari  Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam berbunyi Assalamu'alaikum warahmatullah wabarakaatuh, akan tetapi dalam hadist ini para ulama berselisih tentang keshahihannya, ada ulama yang berkata hadist ini terputus.

Adapun yang disyariatkan bagi mukmin tidak memberi tambahan  wabarakaatuh, akan tetapi cukup  assalamu'alaikum warahmatullah.

Orang yang menambahi wabarakaatuh karena menganggap hadist itu shahih atau karena kebodohan maka shalatnya tetap sah.

Akan tetapi yang lebih utama dan berhati-hati tidak melakukan tambahan ucapan : wabarakaatuh, untuk keluar dari perbedaan pendapat para ulama, dan mengamalkan hadist yang shahih, serta untuk berhati-hati.
   
Lihat Fatwa  : Syaikh bin baz : http://binbaz.org.sa/mat/3369
 
  
    
Nasehat Muslim; http://nasehat-muslim.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar