Laman

Kamis, 11 Oktober 2012

Syaikh Bin baz & Syaikh Al-bani, Siapa & Mengapa?

 
 
 
 
 
 
 
Nasehat Muslim
Pertanyaan
Dinegeri kami ada ulama yang diberikan Allah ta'ala rezeki ilmu agama yang melimpah, ulama tersebut banyak membantah orang yang menyelisih, beliau dikenal dengan nama syaikh al-albani, beliau banyak mengajarkan hadist-hadist terutama bulan ramadhan, ini yang saya ketahui tentang ulama ini, beliau juga punya banyak buku, bagaimana pendapat anda tentang ulama ini? apa kami boleh mendatangi pengajiannya yang cukup banyak.
Jawab 
Bismillah walhamdulillah,



Syaikh Al-albani merupakan saudara yang khusus bagi kami yang terpercaya diketahui mempunyai ilmu agama yang banyak, kemuliaan dan banyak menolong sunnah dengan membedakan antara yang shahih dan yang lemah.

Akan tetapi sebagai manusia tentu beliau tidak maksum serta mempunyai kesalahan dalam penshahihan dan pendhaifan hadist, akan tetapi tidak boleh mencela, menjelekkan dan menggunjing beliau.


Dan yang disyariatkan tentu kita mendoakan saudara muslim agar diberi taufik dan juga niat yang benar, dan manakala ada kesalahan yang jelas menyelisihi dalil maka kita memberi nasihat dalam hal itu sebagaimana hadist.


Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam bersabda artinya, agama itu nasihat (HR. Muslim).

Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wasalam bersabda, artinya, Seorang muslim itu saudara muslim yang lain maka tidak boleh mendzaliminya (HR. Bukhari)

Dalam hadist jarir bin abdillah al-bajaliy berkata, aku berbaiat pada Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam, untuk mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan nasihat muslim untuk anda (HR. Bukhari)

Dan telah diketahui bahwa seorang mukmin itu penolong bagi mukmin yang lain, terlebih lagi mereka yang diberi ilmu agama lebih oleh Allah ta'ala.


Allah ta'ala berfirman, artinya, orang beriman lelaki dan wanita sebagiannya adalah penolong sebagian yang lain, memerintahkan yang baik dan mencegah kemungkaran (QS. Attaubah : 71)




Maka yang wajib bagi tiap muslim untuk saling menasehati satu dengan yang lainnya, dan berwasiat pada kebenaran, dan saling mengajak untuk bertaubat dari dosa-dosa, dan mengajak mengikuti dalil-dalil dari alqur'an assunnah, semoga Allah memberi taufik pada tiap muslim.  


Lihat Fatwa  : Syaikh bin baz : http://www.binbaz.org.sa/mat/3330
 
  
    
Nasehat Muslim; http://nasehat-muslim.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar