Laman

Senin, 21 Januari 2013

Boleh Mengulang Bersetubuh dengan Isteri Tanpa Mandi Wajib

 
 
 
 
 
 
Nasehat Muslim 
Pertanyaan 
Apa boleh suami menyetubuhi isterinya beberapa kali tanpa mandi wajib diantara persetubuhan itu ? 
Jawab 
Boleh bagi anda bersetubuh dengan isteri anda beberapa kali tanpa melakukan mandi wajib, hal ini ada dalam sunnah Rasulullah shalallahu'alaihi wassalam.

Telah meriwayatkan hal ini ashabussunan, juga ahmad dari hadist rafi' bin khadij bahwa Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam bekeliling kepada para isterinya pada satu malam dan beliau melakukan mandi (setelah jima') saat ditempat isteri ini dan ini, maka ditanyakan, wahai Rasulullah mengapa tidak anda melakukan sekali mandi? beliau menjawab, ini lebih suci dan baik.

Dan dalam shahihain dari hadist Anas radhiallahu 'anhu bahwa dahulu Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam berkeliling menggilir para isteri dengan mandi sekali.

Adapun yang sunnah apabila ingin mengulangi bersetubuh dengan isteri dan tidak melakukan mandi maka lakukan wudhu sebagaimana wudhu sholat, namun jika tidak melakukan wudhu juga boleh.

Muslim dan selainnya meriwayatkan dari abu said radhiallahu anhu dari Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam, apabila salah seorang dari kalian mendatangi keluarganya (bersetubuh dengan isterinya) kemudian ingin mengulangi maka hendaklah berwudhu, dan dalam riwayat ibnu khuzaimah, hendaklah berwudhulah seperti wudhu sholat.

Adapun dalil yang menunjukkan bolehnya tidak berwudhu saat mengulang jima' dalam hadist yang diriwayatkan atthahawiy dari hadist 'aisyah radhiallahu 'anhu berkata, dahulu Nabi shalallahu'alaihi wassalam bersetubuh kemudian mengulanginya dan tidak berwudhu.

Lihat Fatwa  : Fatwa Syaikh Abdul Azis bin Abdullah bin Baz : 
http://binbaz.org.sa/mat/2322


      

 

Nasehat Muslim; http://nasehat-muslim.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar