Laman

Senin, 21 Januari 2013

Taubat akan Hapus Dosa Besar, Bahkan Dosa Syirik

 
 
 
 
 
 
Nasehat Muslim 
Pertanyaan 
Ketika melakukan dosa dari dosa besar, apa cukup bertaubat dan beristighfar (memohon ampun pada Allah) dalam hal ini?

Jawab  
Taubat akan menghapus dosa itu, Allah ta'ala menghapus semua dosa bahkan dosa syirik dengan taubat pelakunya.
Allah ta'ala berfirman, artinya, " dan bertaubatlah kalian semua kepada Allah wahai orang yang beriman agar kaliab beruntung" (QS. Annur : 31)

Atau sebagaimana dalam surat alfurqon ayat 68-70.

Allah ta'ala mengabarkan dalam dua ayat bahwa orang yang berbuat kesyirikan, dan pembunuh tanpa hak, dan pezina yang berbuat dosa, akan mendapat adzab pada hari  kiamat dan mendapat kehinaan, kecuali yang bertaubat dan beriman dan melaksanakan amal shalih.

Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam bersabda, artinya, taubat itu menghapus apa yang sebelumnya, dan Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam bersabda, artinya, orang yang bertaubat dari dosa seperti orang yang tidak melakukan dosa.

Syarat taubat agar menghapus dosa-dosa ada tiga yaitu, menyesal dari keburukan dan maksiat yang dilakukan, meninggalkan dan melepaskan diri dari dosa itu karena takut kepada Allah serta mengagungkan-Nya, bertekad secara jujur untuk tidak kembali pada dosa itu, dan syarat yang lain yaitu ketika dosa berhubungan dengan mahluk seperti membunuh juga memukul atau mencuri serta yang semisal dengan itu maka mengembalikan hak dan meminta agar dimaafkan. 

kami memohon kepada Allah agar memberi taufiq kepada seluruh umat Islam untuk senantiasa bertaubat dari dosa sehingga mendapat ampunan, sesungguhnya Dia Maha Mulia.   

Lihat Fatwa  : Fatwa Syaikh Abdul Azis bin Abdullah bin Baz :http://www.binbaz.org.sa/mat/3192

      

 

Nasehat Muslim; http://nasehat-muslim.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar