Laman

Minggu, 04 Agustus 2019

Tidaklah Bani Adam Mengerjakan Amalan yang Lebih Menyelamatkan dari Azab Allah selain Dzikrullah Mengingat Allah

Gambar terkait


Nasehat Muslim

وَعَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ - رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ - قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -: «مَا عَمِلَ ابْنُ آدَمَ عَمَلًا أَنْجَى لَهُ مِنْ عَذَابِ اللَّهِ مِنْ ذِكْرِ اللَّهِ» أَخْرَجَهُ ابْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَالطَّبَرَانِيُّ بِإِسْنَادٍ حَسَنٍ.
1439. Dari Mu'adz bin Jabal Radhiyallahu Anhu berkata, "Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam bersabda, "Tidaklah bani Adam mengerjakan suatu amalan yang lebih mampu menyelamatkan dirinya dari azab Allah selain daripada dzikrullah." (HR. Ibnu Abi Syaibah dan Ath-Thabrani dengan sanad hasan)
[shahih, Shahih Al-Jami' (5644)]
ـــــــــــــــــــــــــــــ
[سبل السلام]
Tafsir Hadits
Hadits ini merupakan salah satu dalil yang menunjukkan tentang keutamaan dzikir, yang dzikir adalah penyebab terkuat yang dapat menyelamatkan seorang hamba dari siksaan hari akhirat dan juga akan menyelamatkannya dari siksaan dunia serta semua perkara yang menakutkan. Oleh karena itu, Allah Ta'ala menggabungkan perintah untuk tetap teguh dalam menghadapi pertempuran dan berjihad melawan musuh dengan perintah untuk berdzikir kepada-Nya.
Allah Ta'ala berfirman,
{إِذَا لَقِيتُمْ فِئَةً فَاثْبُتُوا وَاذْكُرُوا اللَّهَ كَثِيرًا}
"Apabila kamu memerangi pasukan (musuh), Maka berteguh hatilah kamu dan sebutlah (nama) Allah sebanyak-banyaknya." (QS. Al-Anfaal: 45)

Subulussalam, Syarh Bulughul Maram






nasehat-muslim blogpsot co id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar