Laman

Jumat, 31 Desember 2010

Indahnya Beramal Shalih

Alhamdulillah washalatu wassalam 'ala rasulillah, amma ba'du

Saudara kami kaum muslim, sungguh hal yang sangat berbahaya sebagai muslim jika tidak mengamalkan ilmu agama yang telah ia ketahui. Allah ta'ala begitu banyak mengkaitkan amal shalih dengan iman, dan juga dicela bagi orang yang berkata namun tidak mengamalkan, Allah berfirman, artinya : "Wahai orang yang beriman, mengapa kamu mengatakan apa yang kamu tidak melakukan, sangatlah dibenci disisi Allah kamu mengatakan apa yang tidak kamu lakukan (QS. Ash-shaf: 2-3).

Didalam kitab al-bukhari dan muslim dari hadist usamah bin zaid, radhiallahu'anhu berkata aku mendengar rasulullah shalallahu'alaihi wassalam bersabda, “Di hari kiamat nanti akan didatangkan seseorang yang diseret lalu dilempar ke dalam neraka sehingga keluar usus-usus perutnya lalu dia berputar-putar padanya sebagaimana berputarnya keledai di alat penggilingan. Maka berkerumunlah ahli neraka dan mereka berkata, ‘Hai Fulan, ada apa denganmu?! Bukankah engkau yang menyuruh kepada yang baik dan melarang dari yang mungkar?’ Ia menjawab, ‘Benar, dahulu akulah yang menganjurkan kebaikan tetapi aku tidak mengerjakannya dan aku melarang kemungkaran tapi aku melakukannya.’ (HR. Al Bukhari dan Muslim).

Maka saudaraku muslim, kewajiban kita tiap muslim untuk beramal shalih dengan ilmu agama, yang telah kita ketahui seperti mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan berbagai ibadah yang lain, karena sesungguhnya Allah tidaklah menciptakan manusia kecuali untuk beribadah kepada-Nya saja, Allah berfirman, artinya, " Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia kecuali untuk beribadah" (QS. Adz-dzariyat : 56).

shalallahu'ala nabiyina muhammad wa'ala alihi wa shahbihi wassalam.

(Referensi : taysirulwhusul ilaa naylil mamul bisyarhi tsaltsatil ushul, nukman bin abdulkarim, al.10, maktabah al-idrisiyah al-islamiyah as-salafiyah - maktabah darulharamain al-islamiyah, kota shan'a)

Abdullah
www.nasehat-muslim.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar