Laman

Sabtu, 25 Desember 2010

Ma'rifah Dinul Islam


Mengenal agama islam dengan alqur'an dan assunnah, meliputi :

1.Agama yang Allah tidak menerima setelah diutus nabi muhammad shalallahu'alaihi wassalam suatu agama kecuali hanya agama islam.Allah berfirman : "Barangsiapa yang mencari agama selain islam maka selamanya tidak akan diterima darinya dan dia di akhirat termasuk orang yang merugi" (al-'imran:85)

2. Bahwa agama islam itu agama yang menyeluruh dan sempurna baik secara aqidah, ibadah,muamalah, siyasash,dan barangsiapa yang membuat urusan yang baru dalam ibadah dalam agama islam ini maka hal itu tertolak,Allah berfirman :"Pada hari telah aku sempurnakan bagi kamu agamamu dan telah aku sempurnakan bagimu nikmatku dan aku telah ridha islam menjadi agama bagi kalian"(al-maidah : 3). Dan dalam shahihain (shahih bukhari dan shahih muslim) hadist dari ummul mukminin 'aisyah radhiyallahu 'anha, bahwa rasulullah muhammad shalallahu'alaihi wassalam bersabda, barangsiapa mengadakan suatu yang baru dalam urusan agama kami ini maka tidak akan diterima baginya dan dia tertolak.

3.Bahwa agama islam adalah agama yang mudah yang Allah telah menjadikan mudah bagi kita,dan tidak ada kesulitan didalamnya, Allah berfirman,"Dan tidaklah (Allah) menjadikan bagi kalian didalam agama suatu kesulitan milah bapak kalian ibrahim" (al-haj:78). Dan dalam shahih bukhari dari hadist abu hurairah radhiallahu 'anhu bahwa rasulullah shalalallahu'alaihi wassalam bersabda, sesungguhnya agama mudah, barangsiapa memberat-beratkan dalam agama ini maka kecuali akan terkalahkan.

4. Bahwa Allah telah menjamin akan menjaga agama islam ini, Allah berfirman,"Sesungguhnya
Kami yang menurunkan al-qur'an dan sesungguhnya Kami yang akan menjaganya " (al-hujurat : 9)

(referensi: taysirul whusul ilaa naylil mamul bisyarhi tsalatsatil whusul, nu'man bin abdul karim, maktabah al idrisyiyah-shan'a, maktabah darul haramain shan'a, hal 8-9)


Abdullah
www.nasehat-muslim.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar