Laman

Sabtu, 18 Desember 2010

Mengenal Allah subhanahu wata'ala


Wahai hamba Allah, kita senantiasa membutuhkan Allah ta'ala, dalam tiap waktu dan tiap aktivititas kehidupan kita, maka kenalilah Allah subhanahu wata'ala dengan baik wahai saudara muslim,

1. Mengenal nama dan sifat-Nya, Allah memiliki nama dan sifat yang indah, yang barangsiapa memahami dengan penghapalan yang penuh makna maka akan masuk surga. Allah berfirman, "Dan milik Allah nama dan sifat yang baik, maka berdoalah dengan nama dan sifat-Nya" (QS.Al-'araf: 180). Bagaimana jika engkau diberitahu disuatu negeri ada seorang raja yang sangat baik, penuh kasih sayang, perkasa, melindung rakyatnya, memberikan keinginan rakyatnya, senang berbuat baik pada rakyatnya, maka pasti kita ingin bertemu dengan raja itu, dan Allah lebih dari sifat raja seperti ini, bahkan Allah tidak ada yang sebanding dengan-Nya.

2. Mengenal Allah dengan melihat dan mentadaburi ayat-ayat kauniyah, melihat alam semesta, Allah berfirman,"Sesungguhnya didalam penciptaan langit dan bumi, dan silih bergantinya malam dan siang, maka terdapat tanda bagi kaum yang berakal (Al-imran; 190). Manusia baru bisa membuat gedung tinggi didunia beberapa ratus meter saja sudah merasa hebat, padahal belum sampai langit, dan bahkan jika disuruh membuat nyamuk yang kecil saja tidak bisa.

3. Melihat dan mentadaburi ayat-ayat syar'iah, Allah befirman, "Maka apakah mereka tidak memperhatikan al-qur'an? kalau kiranya al-qur'an itu bukan dari sisi Allah, tentu mereka mendapati pertentangan yang banyak didalamnya (an-nisa' :82). Maka hendaknya tiap muslim senantiasa mencintai Allah, takut pada-Nya, menjauhi dosa-dosa, berharap pada-Nya, menjalankan ibadah dan amal shalih, dan beribadah hanya kepada-Nya.

(referensi: taysirul whusul ilaa naylil mamul bisyarhi tsalatsatil whusul, penulis: nu'man bin abdul karim, penerbit: maktabah al idrisyiyah-shan'a, maktabah darul haramain shan'a)


Abdullah
www.nasehat-muslim.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar