Laman

Sabtu, 18 Desember 2010

Rasulullah Muhammad shalallahu'alaihi wasssalam

Mengenal nabi muhammad shalallahu 'alaihi wassalam secara benar dan baik yakni mencakup pengenalan bahwa beliau shalallahu'alaihi wassalam adalah hamba Allah yang tidak boleh disembah, namun juga utusan Allah yang harus ditaati semua perintah dan dijauhi semua larangannya.

Mengenal bahwa beliau nabi muhammad shalallahu'alaihi wassalam adalah penutup para nabi dan tidak ada lagi nabi setelah beliau shalallahu'alaihi wassalam.

Mengenal bahwa beliau nabi muhammad shalallahu'alaihi wassalam diutus kepada manusia seluruhnya baik orang arab maupun bukan orang arab.

Mengenal bahwa beliau nabi muhammad shalallahu'alaihi wassalam merupakan manusia paling sempurna dalam ilmu dan amalan shalih, dan manusia paling takut kepada Allah.

Dan adapun mengenal nabi muhammad shalallahu'alaihi wassalam melalui al-qur'an yang telah menjelaskan tentang sifat nabi muhammad shalallahu'alaihi wassalam.

Diperintahkan manusia untuk mengikuti nabi muhammad shalallahu'alaihi wassalam dalam seluruh urusan, mengikuti sunnah beliau nabi muhammad shalallahu'alaihi wassalam, mengenal melaui sirah perjalanan kehidupan nabi muhammad shalallahu'alaihi wassalam.

Dan maksud dari pengenalan ini sehingga manusia bisa mengikuti sunnah nabi muhammad shalallahu'alaihi wassalam secara lahir dan bathin, dan mencukupi dengan sunnah nabi muhammad shalallahu'alaihi wassalam tanpa membuat hal baru yang tidak pernah dicontohkan nabi muhammad shalallahu'alaihi wassalam dalam urusan agama ini.

(referensi: taysirul whusul ilaa naylil mamul bisyarhi tsalatsatil whusul, penulis: nu'man bin abdul karim, penerbit: maktabah al idrisyiyah-shan'a, maktabah darul haramain shan'a)


Abdullah
www.nasehat-muslim.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar