Laman

Selasa, 07 Desember 2010

Mereka Membenarkan Ghaib yang tidak terlihat dengan Indra dan Akal

Orang yang beriman maka mereka mengimani hal ghaib yang telah dikabarkan Allah dan rasul-nya, mendirikan shalat, dan menginfakkan rizki yang telah Allah berikan.

Tafsir Surat Al-baqarah : 3

Allah berfirman : "Mereka yang beriman dengan yang ghaib, dan mendirikan shalat, dan tentang hal yang Kami rizkikan, mereka menginfakkan" (surat al-baqarah : 3)

Orang yang bertaqwa maka mereka membenarkan yang ghaib hal yang tidak terlihat oleh indra mereka dan akal mereka karena hal itu hanya diketahui dengan wahyu dari Allah yang diturunkan melalui rasulullah shalallahu'alaihi wassalam, misalnya beriman dengan adanya malaikat, surga, neraka dan yang selain dari hal itu yang telah Allah kabarkan dalam al-qur'an dan yang rasulullah muhammad shalallahu'alaihi wassalam telah kabarkan.

Sedangkan yang dimaksud dengan Iman yaitu kalimat yang menyeluruh membenarkan dan mengakui tentang adanya Allah, malaikat, kitab, rasul, hari akhir, taqdir yang baik dan buruk, dengan mengakui dengan lisan, amal, hati dan seluruh anggota tubuh.

Dan selain mereka beriman dengan yang ghaib, mereka juga mendirikan shalat dan menjaganya dalam waktunya, dan menunaikan shalat dengan benar sesuai dengan yang telah diajarkan oleh rasulullah muhammad shalallahu'alaihi wassalam, dan berkaitan dengan harta yang telah Allah berikan, maka mereka mengeluarkan sebagai shadaqah, yang wajib dan mustahab atau sunah.

(referensi : at-tafsir al-muyasar, biisyraf shalih bin 'abdul aziz alu syaikh, almadinah almunawarah, diterbitkan : majmu' malik fahd litaba'ati almushaf assyarif, tahun : 1423H/2009M, Hal 2)


Abdullah.
ابو مو سى

http://nasehat-muslim.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar