Laman

Sabtu, 12 Februari 2011

Tebarkan Salam, Raih Surga-Nya








Nasehat Muslim

Rasulullaah shalallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
"Hak muslim atas muslim yang lain ada enam. dikatakan, "Apa yang enam itu ya Rasulullaah?" Rasulullaah shalallaahu ‘alaihi wa sallam bersabda: (salah satunya) apabila engkau bertemu dengan saudara muslim yang lain, maka ucapkanlah salam kepadanya (HR. Muslim)

Inilah hak seorang muslim yang barangsiapa menunaikannya maka akan mendapatkan kebaikan yang banyak dan pahala dari Allah ta'ala.

Apabila bertemu ucapkanlah salam, karena salam adalah sebab timbulnya mahabah rasa cinta, dan rasa cinta karena Allah ini akan menjadikan seseorang beriman, dan dengan iman ini akan mengantarkan kesurga Allah subhanahu wata'ala.

Rasulullah shallallahu'alaihi wasallam Bersabda " Kalian tidak masuk surga sampai kalian beriman. dan kalian tidak beriman, sehingga kalian saling mencintai. tidakkah aku tunjukkan kalian sesuatu yang bila kalian lakukan, kalian saling mencintai? tebarkan salam diantara kalian. (HR. Muslim, Kitabul Iman.192).

Dan salam ini merupakan salah satu hal yang menunjukkan tentang indahnya islam, karena seorang muslim bertemu dengan saudara muslim yang lain dan ia mendoakan keselamatan dari keburukan, dan dengan rahmat kasih sayang, dan juga mendapatkan keberkahan kebaikan yang banyak dari setiap bentuk kebaikan.

Dan didalam salam ini juga ada bentuk keceriaan, menimbulkan rasa senang dihati saudaranya, ucapan doa serta penghormatan yang mengandung rasa kasih, sayang, juga cinta, sehingga terputuslah rasa saling memutus dan saling asing antar satu muslim dengan msulim yang lain, sehingga mereka merasa saudara.

Dan salam ini adalah hak muslim atas muslim yang lainnya, maka muslim yang mendapatkan salam hendaklah memabalas dengan yang semisalnya atau lebih baik lagi, dan yang baik yaitu yang memulai salam.

(referensi, bahjatul qulubil abrar wa quratu 'uyunil akhyar, Hal 84, syaikh abdurrahman bin nashir assa'di rakhimahullah, darul minhaj, masakin ain syams, kairo, 1423 H)


nasehat muslim
www.nasehat-muslim.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar