Laman

Sabtu, 01 Desember 2012

Sifat Orang yang Berilmu Agama



















Nasehat Muslim

Pertanyaan 


Ada seorang saudara berkata banyak dari para penuntut ilmu agama sekarang ini yang mereka mengetahui banyak sekali amalan-amalan utama dan pahalanya serta keutamaannya seperti qiyamullail/shalat malam akan tetapi mereka tidak melaksanakannya, mereka mengetahui tapi tidak mengamalkannya.



Jawab




Amal utama yang telah datang penjelasannya didalam nash-nash tentang keutamaannya ada dua, yaitu amal yang wajib dan amal yang sunnah.


Amal yang wajib, maka dalam hal ini sama saja antara muslim yang berilmu agama maupun tidak wajib mendirikannya, bertaqwa kepada Allah akan hal ini dan selalu menjaga pelaksanaannya seperti shalat lima waktu, penunaian zakat dan yang selainnya dari kewajiban syariat.

Amal yang sunnah, seperti shalat tahajud pada malam hari, juga shalat dhuha dan yang selain dari itu. dan bagi tiap mukmin disyariatkan untuk bersungguh-sungguh dalam melaksanakan hal itu, terlebih lagi orang yang berilmu agama karena mereka adalah teladan bagi umat, namun manakala suatu saat sibuk dan tidak melaksanakannya maka tidak akan memudharatinya/mencelakainya karena hal itu sunnah.

Akan tetapi sifat orang yang berilmu agama dan orang-orang baik adalah senantiasa menjalankan perkara ini dan menjaga atasnya seperti shalat tahajud, shalat dhuha, shalat rawatib dan yang selain itu dari perkara kebaikan.


Lihat, Fatwa Syaikh Bin Baz :
 http://binbaz.org.sa/mat/1844





 
Nasehat Muslim
www.nasehat-muslim.blogpsot.com
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar