Laman

Jumat, 29 Maret 2013

Tidak Boleh Shalat dengan Pakaian Sempit yang Terbuka Aurat

 
 
 
 
 
 
 
 Nasehat Muslim 
Pertanyaan 
   بعض الشباب يصلي في ملابس ضيقة جدا وبعضها شفاف يصف لون ما تحته من الجسم فما حكم صلاتهم بهذه الملابس 
Sebagian pemuda melakukan sholat dengan menggunakan pakaian yang sempit sekali dan bahkan sebagian pakaian menampakkan warna kulit yang ada dibawahnya, apa hukum sholat dengan pakaian yang seperti ini ?
Jawab 

  يجب على المسلم ستر عورته في الصلاة لأن ذلك من شروط صحة الصلاة قال الله تعالى: أي استروا عوراتكم في كل صلاة


Wajib bagi setiap muslim untuk menutupi auratnya didalam shalat karena hal ini merupakan syarat dari sahnya shalat.

Allah ta'ala berfirman, artinya, "Wahai anak adam, pakailah perhiasan kalian tiap memasuki tempat sujud (shalat)" (QS. Al-'araf : 31) yaitu maksudnya tutupilah aurat kalian setiap kali melaksanakan shalat.

Allah ta'ala berfirman, artinya, "wahai bani adam sungguh telah kami turunkan kepada kalian pakaian untuk menutup aurat kalian" (QS. Al-'araf:26)

 وحد عورة الرجل من السرة إلى الركبة فيجب عليه سترها في الصلاة وخارجها بما يواريها عن الأنظار، وأما لبس الشفاف الذي يرى لون البشرة من ورائه، أو القصير الذي يبدو منه بعض العورة فلا تصح الصلاة في جميع هذه الأنواع لفقدان شرط من شروط صحة الصلاة وهو ستر العورة، والله أعلم.

وصلى الله على نبينا محمد وآله وصحبه وسلم.

Dan batas aurat lelaki dari pusar hingga ke lutut sehingga wajib baginya untuk menutup auratnya pada saat melaksanakan shalat dan juga menutupnya diluar shalat dari pandangan manusia.

Adapun shalat dengan pakaian yang sempit dan menampakkan aurat maka tidak sah shalat dengan menggunakan pakaian demikian karena syarat sahnya shalat adalah menutup aurat.

Shalallahu'ala nabiyina muhammad wa'ala alihi washahbihi wassalam.

Lihat Fatwa  : Komite Tetap Pembahasan Ilmiah & Fatwa : http://www.alifta.com/Fatawa/NewFatawaContent.aspx?ID=13&GroupNumber=1
  

    

Nasehat Muslim; http://nasehat-muslim.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar