Laman

Sabtu, 08 Juni 2013

Hadist Palsu & Hadist Lemah




 














Nasehat Muslim

Pertanyaan
 


Apa perkataan para ulama tentang derajat hadist yang berbunyi; Rajab adalah bulan Allah, sya'ban bulanku dan ramadhan adalah bulan umatku? Dan apakah shahih hadist yang berbunyi; Ya Allah aku mengadukan kepadamu lemahnya kekuatanku, dan sedikitnya usahaku dan lemahnya diriku atas manusia, al-hadist?




Jawab

Adapun yang pertama, Hadist yang berbunyi Rajab adalah bulan Allah, sya'ban bulanku dan ramadhan adalah bulan umatku, maka ini adalah hadist palsu, karena didalam sanadnya ada perowi yang bernama abu bakar bin hasan an-naqasyi, dan dia dituduh (sebagai pendusta hadist), dan juga ada perowi yang bernama al-kasaai yang majhul (tidak dikenal), dan penyusun kitab allaai fil maudhu'at (topik tentang hadist palsu) memasukkan namanya dalam kitab itu.

Untuk yang kedua, hadist yang berbunyi, Ya Allah aku mengadukan kepadamu lemahnya kekuatanku, dan sedikitnya usahaku, dan kekalahan diriku atas manusia, maka ini termasuk hadist lemah dilihat dari segi sanadnya.

Wabillahit taufik, washallallahu 'ala nabiyina muhammad wa'alihi washahbihi wassalam.
 
Lihat Fatwa Komite Fatwa Arab Saudi :http://www.alifta.com/Fatawa/FatawaChapters.aspx?View=Page&PageID=2&PageNo=1&BookID=12

 







Nasehat Muslim
www.
nasehat-muslim.blogspot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar