Laman

Rabu, 12 Juni 2013

Mari Perbanyak Puasa Sunnah
















Nasehat Muslim

Pertanyaan 


Apa hukum puasa pada sepuluh hari terakhir dzulhijah, dan puasa pada bulan muharam,  dan pada bulan sya'ban secara keseluruhan? kami minta penjelasan, semoga Allah memberkahi anda.


Jawab

Bismillah walhamdulillah, pada bulan muharam disyariatkan berpuasa demikian juga pada bulan sya'ban, adapun khususkan berpuasa pada sepuluh terakhir bulan dzulhijah maka tidak ada dalil akan hal itu, akan tetapi jika berpuasa tanpa adanya keyakinan tentang kekhususan berpuasa pada tanggal itu maka tidak mengapa.
Adapun bulan Allah muharam maka Nabi Muhammad shalallahu'alaihi wassalam bersabda,
sebaik-baik puasa setelah bulan ramadhan adalah pada bulan Allah muharam. maka bagi yang akan berpuasa pada bulan muharam seluruhnya maka hal itu baik, namun jika hanya berpuasa pada 9, 10, 11 muharam maka hal itu sunnah.
 
Demikian pula bulan sya'ban maka Rasulullah Muhammad shallallahu'alaihi wassalam berpuasa pada bulan itu secara penuh, namun adakalanya lebih sedikit dari itu sebagaimana hadist 'aisyah dan ummu salamah.

Adapun pada 10 dzulhijah maka itu hari raya maka tidak boleh berpuasa pada waktu tersebut, adapun puasa pada sepuluh hari pertama bulan dzulhijah maka hal itu disyariatkan sebagaimana keumuman hadist Nabi Muhammad shallallahu'alaihi wassalam bersabda.

Lihat 
Fatwa Komite Fatwa Arab Saudihttp://www.alifta.com/Fatawa/FatawaChapters.aspx?View=Page&PageID=6&PageNo=1&BookID=12










Nasehat Muslim
www.nasehat-muslim.blogpsot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar