Laman

Jumat, 11 Oktober 2013

Waktu Sah Penyembelihan Qurban









Nasehat Muslim

Pertanyaan

امرأة ميسورة الحال، انشغلت ولم تنو الأضحية إلا في اليوم الخامس عشر من شهر ذي الحجة، فذبحت أضحية. فهل تصبح أضحية أم لا؟

Seorang wanita mendapatkan kemudahan untuk berqurban namun karena kesibukan belum melakukan penyembelihan qurban kecuali setelah masuk pada tanggal lima belas dzulhijah, apakah sah penyembelihan qurban demikian?


Jawab


الذبيحة المذكورة لا تكون أضحية؛ لأن وقت الأضاحي ذهب بغروب الشمس في اليوم الثالث عشر من شهر ذي الحجة، ولكنها تعتبر صدقة، تأكل منها وتتصدق على الفقراء، وتهدي منها لمن أحبت من الجيران والأقارب، والله ولي التوفيق.

Penyembelihan yang dilakukan pada tanggal lima belas dzulhijah sebagaimana yang disebutkan dalam pertanyaan maka hal ini tidak termasuk pada penyembelihan kurban yang disyariatkan karena waktu akhir penyembelihan qurban yaitu saat terbenamnya matahari pada tanggal tiga belas dzulhijah, akan tetapi penyembelihan ini sebagai sedekah dengan memakannya dan mensedekahkan pada fakir miskin, dan juga menghadiahkan kepada orang yang dicintai baik dari tetangga maupun kerabat, wallahu waliyuttaufiq.

Lihat Fatwa Lajnah Daimah Lil ifta walbukhuts: 
http://alifta.org.sa/Fatawa/FatawaChapters.aspx?languagename=ar&View=Page&PageID=143&PageNo=1&BookID=12






Nasehat Muslim
www.nasehat-muslim.blogspot.com

1 komentar:

  1. BESOK SENIN PUASA ARAFAH,, Allah subhanahu wata'ala akan menghapus dosa orang yang berpuasa arafah pada dosa tahun sebelumnya dan tahun setelahnya.

    http://nasehat-muslim.blogspot.com/2011/10/apa-pahala-puasa-arafah.html

    BalasHapus