Laman

Minggu, 01 Januari 2017

Dzikir Ringan namun Berat DItimbangan

Hasil gambar untuk muslimah.or.id


Nasehat Muslim

وَأَخْرَجَ الشَّيْخَانِ عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ - رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ - قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللَّهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -: «كَلِمَتَانِ حَبِيبَتَانِ إلَى الرَّحْمَنِ، خَفِيفَتَانِ عَلَى اللِّسَانِ، ثَقِيلَتَانِ فِي الْمِيزَانِ: سُبْحَانَ اللَّهِ وَبِحَمْدِهِ، سُبْحَانَ اللَّهِ الْعَظِيمِ»  

"Rasulullah Shallallahu Muhammad Alaihi wa Sallam bersabda, "Dua kalimat yang dicintai oleh Dzat Yang Maha pengasih, mudah diucapkan dan berat di timbangan: subhaanallah wa bihamdihi  dan subhaanallaahil 'azhiim (Maha Suci Allah dan segala puji bagi-Nya dan MaHa suci Allah dan Maha Agung). [1467. Riwayat Abu Hurairah Radhiyallahu Anhu, Shahih: Al Bukhari 6406 dan Muslim 2694]

Tafsir 

Ditinjau dari segi kaidah bahasa arab hadist ini mubtada' muakkhar (diakhirkan) dan khabar dikedepankan tujuannya untuk menarik perhatian. Adapun arti Al-habiibah artinya al-mahbuub yakni yang dicintai Allah Ta'ala. Khiffah artinya ringan sebagaimana mengangkat barang ringan yang tidak membuat letih. 

Hadits ini menerangkan bahwa ucapan subhaanallahi wa bihamdihi subhaanallaahil 'azhiim, amalan yang ringan diucapkan namun besar pahalanya. Secara umum amalan semakin berat dilaksanakan akan semakin besar diganjar dengan pahala.

Pada hari kiamat nanti akan diletakkan timbangan untuk menimbang semua kebaikan dan keburukan, barangsiapa timbangan kebaikannya lebih berat dari pada keburukannya maka orang ini akan masuk ke dalam surga, dan jika ternyata keburukanya lebih berat dibandingkan kebaikannya maka ia akan masuk ke dalam neraka sebagaimana Hadits diriwayatkan oleh Khaitsamah dalam Kitabnya Majma' Al-Fawaaid. 

Adapun orang kafir maka kekafirannya akan diletakkan di daun timbangan, sementara di daun timbangan lain kosong tidak terdapat apa-apa, karena semua kebaikan yang dilakukan orang kafir akan terhapus dikarenakan kekafirannya dan dia kekal di neraka. Jadi, nilainya seperti seorang yang tidak pernah melakukan kebaikan sama sekali. Dan siapa yang ringan timbangan kebaikannya, maka itulah yang, merugikan dirinya sendiri sebagaimana surat Al-'Araf: 9 dan Al-Mukminuun: 103. 

Lihat 
Subulussalam Syarah Bulughul Maram
[سبل السلام]








Nasehat Muslim : 
www.nasehat-muslim.blogpsot.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar