Laman

Selasa, 24 Desember 2019

Ya Allah, Jauhkanlah Aku dari Kemungkaran Akhlak, Perbuatan, Nafsu dan Penyakit.

Hasil gambar untuk muslim.or.id dzikir


Nasehat Muslim

وَعَنْ قُطْبَةَ بْنِ مَالِكٍ - رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ - قَالَ: كَانَ رَسُولُ اللَّهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - يَقُولُ: «اللَّهُمَّ جَنِّبْنِي مُنْكَرَاتِ الْأَخْلَاقِ، وَالْأَعْمَالِ، وَالْأَهْوَاءِ، وَالْأَدْوَاءِ» أَخْرَجَهُ التِّرْمِذِيُّ، وَصَحَّحَهُ الْحَاكِمُ. وَاللَّفْظُ لَهُ.
1398. Dari Quthbah bin Malik Radhiyallahu Anhu, ia berkata, "Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam sering mengucapkan doa, "Ya Allah, jauhkanlah aku dari kemungkaran-kemungkaran akhlak, amal perbuatan, hawa nafsu dan penyakit." (HR. At-Tiimidzi dan dishahihkan oleh Al-Hakim, dan ini adalah lafalnya)
[Shahih: At Tirmidzi 5391]
ـــــــــــــــــــــــــــــ
[سبل السلام]
Penjelasan Kalimat
"Dari Quthbah (dengan mendhammahkan huruf qaf, mensukunkan huruf tha' dan memfathahkan huruf ba'), bin Malik (dikatakan bahwa nisbatnya adalah At-Taghallubi dengan menfathahkan huruf ta' dan ghin. Dan ada juga yang mengatakan Ats-Tsa'labi dengan huruf tsa' dan 'ain) ia berkata, "Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam sering mengucapkan doa, "Yaa Allah, jauhkanlah aku dari kemungkaran-kemungkaran akhlak, amal perbuatan, hawa nafsu dan penyakit."
Tafsir Hadits
Tajannub sama artinya dengan mubaa'adah artinya jauhkanlah diriku.
Akhlaaa adalah bentuk jamak dari kata khuluq. Al-Qurthubi berkata, "Akhlaq adalah sifat-sifat manusia yang ditunjukkan ketika bergaul. Akhlak ada yang terpuji dan ada juga yang tercela. Definisi akhlak mulia secara umum adalah kamu bersikap kepada orang lain seperti sikap yang kamu berikan terhadap dirimu sendiri. Adapun secara rinci seperti sifat pemaaf, santun, dermawan, sabar, tabah terhadap gangguan, pengasih, welas asih, membantu orang yang sedang berada dalam kesulitan, penyayang dan lemah lembut terhadap tetangga dan Lain-lain. Adapun akhlak yang buruk adalah akhlak-akhlak tercela yang pernah dimohonkan Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam kepada Allah agar menjauhkan diri beliau dari akhlak-akhlak tersebut sebagaimana yang tertera dalam hadits di atas dan dalam hadits berikut:
«اللَّهُمَّ كَمَا حَسَّنْت خَلْقِي فَحَسِّنْ خُلُقِي»
"Ya Allah, sebagaimana Engkau telah membaguskan ciptaanku, maka baguskanlah akhlakku."[Shahih: Shahih Al Jami' 1307]
Hadits diriwayatkan oleh Ahmad dan dishahihkan oleh Ibnu Hibban.
Dan di dalam doa iftitah, beliau membaca do'a:
وَاهْدِنِي لِأَحْسَنِ الْأَخْلَاقِ لَا يَهْدِي لِأَحْسَنِهَا سِوَاك، وَاصْرِفْ عَنِّي سَيِّئَهَا لَا يَصْرِفُ عَنِّي سَيِّئَهَا غَيْرُك
"Tunjukilah aku kepada akhlak yang terbaik karena tidak akan ada yang dapat menunjukkan kepada akhlak yang baik selain Engkau. Jauhkan aku dari akhlak yang jelek karena tidak ada yang dapat menjauhkan dari akhlak yang jelek selain Engkau.” [Shahih: Abu Daud 760]
Munkaraatul a'maal adalah perbuatan-perbuatan yang dinilai sebagai suatu kemungkaran oleh syariat atau norma masyarakat. Munkaraatul ahwaa': ahwaa' adalah bentuk jamak dari kata hawa' dan hawa' adalah apa saja yang diinginkan oleh nafsu tanpa memperhatikan maksud tujuannya dari sisi-syar'i.
Mungkaraatul adwiyaa': adwiyaa' adalah bentuk jamak dari kata daa' artinya penyakit-penyakit berbahaya yang selalu dimohonkan Nabi Shallallahu Alaihi wa Sallam kepada Allah agar beliau senantiasa dijauhkan dari penyakit-penyakit tersebut, seperti penyakit kusta, lepra dan penyakit-penyakit yang dapat merenggut nyawa seperti penyakit liver. Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam senantiasa berdoa kepada Allah agar selalu dihindarkan dari penyakit-penyakit berbahaya seperti ini

Subulussalam, Syarh Bulughul Maram






nasehat-muslim blogpsot co id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar